SEKOLAH NEGERI KOK MAHAL

SEKOLAH NEGERI KOK MAHAL
~Tapi tak apa memrotes mahalnya biaya sekolah bagi anak-anak kita. Asalkan kita tahu dasar kuat untuk menuntut itu. Kan sudah semestinya semua pemangku kepentingan pendidikan paham, bahwa ada komponen biaya sekolah yang harus berstandar nasional diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
~ Dalam Pasal 62 Ayat (1) disebutkan: Pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal.
~ Dalam Ayat (2) disebutkan: Biaya investasi satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia, dan modal kerja tetap.
~ Dalam Ayat (3) disebutkan: Biaya personal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi biaya pendididkan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan. Yang termasuk biaya personal peserta didik antara lain pakaian, transport, buku pribadi, konsumsi, akomodasi, dan biaya pribadi lainnya.
~ Dalam Ayat (4) disebutkan: bahwa biaya operasi satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:(a)gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji;(b)bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan (c)biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, pajak, dan lain sebagainya.
~ Dengan menyimak itu, tanggungan murni orangtua jelas hanya yang tertera pada ayat (3).
~ Seharusnya informasi inilah yang kita harapkan diberikan secara luas. Bolehlah dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Tentu saja pihak sekolah harus menyajikannya secara transparan, disusun secara partisipatif, dan dipublikasikan terbuka ke seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk menunjukkan salah satu akuntabilitasnya.
~ Apa ya ada kepsek yang mau begitu, hehehe !!
‪#‎mendidik_diri_sendiri‬, hari ini, 9 Juli 2015

Tinggalkan komentar

Filed under guru dan calon guru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s