Menjelang Imsak di 2 Ramadhan 1433 H

Baagaimana kualitas makan sahur Anda, saya tidak tahu. Namun, saya bisa memastikan tidak mungkin sesederhana makan sahur kami sekeluarga, barangkali. Sebentar, kok sepertinya ada yang salah di dua kalimat awal essai saya ini.

Di awal saya katakan tidak tahu, tapi pada kalimat berikutnya saya tulis bisa dipastikan dan saya mengakhirinya dengan kata barangkali. Kok rancu, kacau, logikanya nggak main, begitu ya?

Jelasnya, yang saya tidak tahu adalah jenis makan sahur Anda, sedang yang saya pastikan adalah kualitasnya, sebab terus terang pagi ini kami menikmati sahur dengan telur goreng dan sambal kecap sebagai teman nasinya. Sudah, itu saja.

Belajar dari ini, saya jadi meyakini benar akan kebenaran bahwa berpuasa itu semata-mata hanya untuk Allah SWT. Inilah kepastian itu, tidak boleh cuma barangkali apalagi tidak tahu.

Jadi, betapa mudahnya kita membohongi orang dengan berpura-pura puasa, karena bagaimana caranya kita dapat memastikan orang tersebut sedang berpuasa atau tidak. Tapi, bisakah kita menipu Allah SWT, ketika kalbu kita sedang diterangi bersihnya iman?

 

 

2 Komentar

Filed under artikel, catatanku, imsak, INFO, informasi, Kota Reyog, makan sahur, motivasi, opini, pembelajaran, PENDIDIKAN, ponorogo, ramadhan, renungan, Uncategorized

2 responses to “Menjelang Imsak di 2 Ramadhan 1433 H

  1. saya tidak tahu. Leres kula kirang mangertos, Rama…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s