Mendalami Secara Pribadi Pengertian Kebahagiaan

Selama ini tak kuanggap sangat penting dan sangat menentukan kebahagiaan, apa-apa yang ingin kumiliki dan yang ingin kucapai karena memang belum kumiliki atau belum kucapai. Sebab, apa-apa yang sudah menjadi kepunyaanku dan sudah menjadi capaianku sekarang inilah yang paling berharga.

Cukup lama juga aku mencoba memahami kalimat dari para pakar ini: “Jika Anda berpikir Anda bisa atau tidak bisa, Anda benar.” Atau, “Kita adalah apa yang kita pikirkan tentang kita. Kita akan menjadi apa yang kita pikirkan tentang kita” Hasilnya adalah aku yang seperti inilah sekarang ini. Masih saja bukan apa-apa dan siapa-siapa, bagi kebanyakan orang tentunya.

Untuk itu, aku sudah berusaha menyelaraskan pengertian, bahwa apapun yang telah dicapai oleh seseorang, sukses sesuai kriterianya sendiri, pastilah seyogianya diberi ganjaran pujian oleh diri sendiri. Kalau toh itu sudah berkali-kali disyukuri, kenapa mesti bergantung pada apa yang dirayakan bersama orang lain?

Kecuali, jika suatu ketakterdugaan datang, maka sesungguhnyalah hal ini akan membuatku sulit menghindarkan diri dari yang namanya kekalangkabutan. Tapi itu kan rahasia hidup, sebuah teka-teki abadi. Misalnya, kalau kemarin jelas tanggal 18 dan sekarang 19, tapi siapa mampu mengelola secara pasti, jika besok itu harus 20?

Oleh karena itu, menjalani hidup enak dan tidak itu kan rasanya, walau lumrahnya rasa itu kan ya cuma enak atau tidak enak. Kecuali yang ditakdirkan berhenti merasakan. Jadi, jangan pernah mengabaikan ketika kita merasa telah menempuh kenormalannya.

Tinggalkan komentar

Filed under artikel, catatanku, kebijakan pemerintah, Kota Reyog, motivasi, opini, pembelajaran, PENDIDIKAN, ponorogo, renungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s