Guru dan Calon Guru vs Keprofesian Guru Yang Selalu Dipersoalkan Mutunya Sebagai Tidak Bisa Profesional Sulit Menjadi Profesional Dll

Bertanyalah, apakah guru profesional? Jawaban pertama adalah Pasal 1 nomor 1 dalam UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Jawaban kedua adalah Pasal 1 nomor 1 dalam PP 74/2008 tentang Guru.

Jadi, guru adalah pendidik profesional.

Bertanyalah, apakah semua guru profesional? Tidak! Bertanyalah pula, apakah semua atasan guru profesional? Jawabannya, tetap tidak!

Tetapi, dalam workshop-workshop, ToT, IST, IHT, dalam seminar-seminar ihwal mutu pendidikan, selama ini belum pernah terdengar ada yang berani secara terbuka mengatakan di depan guru-guru, bahwa atasan guru-guru itu juga sering membuat kesalahan-kesalahan yang sama dengan guru-guru, sehingga menyebabkan terpuruknya dunia pendidikan kita.

Ini tidak fair. Kalau atasan guru-guru dan guru sebagai bawahan dimisalkan sebuah tim sepakbola, maka layaknya para pemain profesional, kalau terjadi kegagalan menceploskan bola ke gawang dan menyebabkan kekalahan fatal, justeru pelatihnya yang harus dipecat! Atasan guru-guru itu!

Mengungkapkan atau mengolok-olok kesalahan-kesalahan guru mestinya bisa menjadi ajang introspeksi atasan guru. Jadi, ketika dunia pendidikan kita terpuruk, jangan hanya memojokkan pemainnya, tapi katakan juga kalau pelatihnya yang nggak becus. Imbang!

4 Komentar

Filed under artikel, BERITA, catatanku, CPNS, GURU, guru swasta, hari guru, INFO, informasi, kebijakan pemerintah, leadership kasek, motivasi, opini, pembelajaran, pemilu 2009, PENDIDIKAN, ponorogo, SERTIFIKASI, yayasan

4 responses to “Guru dan Calon Guru vs Keprofesian Guru Yang Selalu Dipersoalkan Mutunya Sebagai Tidak Bisa Profesional Sulit Menjadi Profesional Dll

  1. aqua_gilr

    PAK, SAYA MAU TANYA
    YANG BAPAK MAKSUD DENGAN ATASAN GURU ITU SIAPA CONTOHNYA?
    ======
    masedlolur:
    masak nggak tahu?
    itu loh, dia yang bukan bawahan guru!

  2. bukan cuman guru yang tidak berani berkata “atasannya …. ” tapi semua yang namanya pekerja. orang-orang kayak begitu diiris saja, karena tidak layak berkata benar setiap hari.
    ===========
    masedlolur:
    terimakasih
    semoga bermanfaat

  3. Itulah nasib guru di negeri tercinta ini.
    Ketika anak didik kita berhasil, orang tua bilang…INILAH ANAKKU ….
    Ketika anak didik menemui kegagalan orang bilang…SIAPA GURUNYA ?
    Satu kali menghukum murid ( yang memang pantas dihukum ) …masuk berita. Lalu dikemanakan jasa guru yang sudah mendidik puluhan tahun ? Apakah semua itu hilang dan dilupakan hanya karena menjewer anak yang memang pantas dijewer ? INGAT…! Dalam mendidik ada PENGHARGAAN dan HUKUMAN.
    =======
    masedlolur:
    terimakasih pendapat Mang Ajid
    memang pantas

  4. terima kasih atas pencerahannya, saya akan selalu belajar dari bapak. 🙂
    =========
    masedlolur:
    terimakasih kembali, sebagai sesama pembelajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s