Tes CPNS Tenaga Honorer Kategori II (Honorer K2) Bakal Digelar tahun April 2013

NASIONAL – HUMANIORA

Rabu, 18 Juli 2012 , 00:18:00
JAKARTA – Tes CPNS dari honorer kategori dua (K2) akan digelar lagi pada April 2013. Pelaksanaan tesnya berupa ujian kompetensi dasar dan ujian kompetensi bidang secara tertulis.
“Kedua tes kompetensi tersebut akan dilakukan di hari yang sama. Jadi tidak ada jeda waktu yang panjang,” ungkap Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) Ramli Naibaho saat dihubungi, Rabu (17/7).
Nantinya hasil tes akan diolah oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) di bulan yang sama dengan pelaksanaan ujian. Sedangkan penyerahan hasil pengolahan ujian kompetensi dasar dan bidang yang ditandatangani oleh konsorsium serta panitia seleksi nasional (Panselnas) kepada MenPAN&RB akan dilaksanakan pekan ketiga April. “Pengumuman honorer yang lulus sesuai passing grade rencananya dilakukan pada akhir April,” ujarnya.
Lebih lanjut Ramli menjelaskan, saat ini pembuatan master soal oleh PTN sudah mulai dilakukan. Nantinya master soal dan formulir ujian kompetensi dasar ini akan diserahkan lebih dulu kepada Panselnas.
“Jadi Panselnas yang akan menyerahkan master soal, formulis serta kunci jawaban ujian kompetensi dasar serta bidang kepada instansi untuk digandakan dan didistribusikan ke lokasi tes. Penyerahan ini akan diawasi ICW serta kepolisian. Jadi kalau terjadi kebocoran, pejabat pembina kepegawaian yang harus bertanggung jawab,” tandasnya.
Untuk diketahui jumlah awal honorer K2 yang masuk ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah 652.458 orang. Jumlah tersebut berdasar data usulan tentang tenaga honorer dari 28 instansi pusat dan 487 instansi daerah. Namun setelah perekaman, jumlah tersebut berkurang menjadi sekitar 570 ribu. (Esy/jpnn)
About these ads

50 Komentar

Filed under BERITA, calon guru, CPNS, GTT, guru dan calon guru, guru honorer, guru swasta, honorer, honorer kategori I, honorer kategori II, INFO, informasi, kebijakan pemerintah, Kota Reyog, lowongan pekerjaan, PENDIDIKAN, penerimaan cpns, PNS, ponorogo, produk hukum, ptt, SELEKSI HONORER, tenaga honorer, Uncategorized

50 responses to “Tes CPNS Tenaga Honorer Kategori II (Honorer K2) Bakal Digelar tahun April 2013

  1. Ass. Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN DAN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus(Dihabiskan))” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)” itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) diangkat menjadi PNS. TOLONGLAH/KABULKANLAH “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 201” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Olah Raga
    yang penting ngajarnya menggunakan kompetensi (Buku-Buku Disekolah) yang baik dan biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung)/ Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Cerah/Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  2. yudi Prasandi

    asalamualaikum pak presiden .
    saya guru honor di MIS AL-WASHLIYAH SINAKSAK pematangsiantar.

    pak kami juga sama bekerja keras menempah anak didik seperti guru PNS.
    tapi yang saya sesalkan, kenapa SERTIFIKASI tidak di utamakan kepada guru guru honor?

    kami juga butuh pendapatan yang sesuai dengan upaya kami pak. jadi saya mohon maaf kalau banyak kata yg salah

  3. edy ranto

    pak saya PTT TMT mulai 1 Januari 2006, terus gmn nasib sya pak mohon dipikirkan juga pak soalnya saya ini tulang punggung keluarga.apa selamanya akan gantung seperti ini?

  4. aslamualaikum,.,.sebenarnya kapan pengangkatan K2 jadi cpns yang pastinya itu pak,.,.,.,ko sampe sekarang masing simpang siur info nya,.,.,.

  5. Ns

    bpk presiden,bpk Menpan RB,bpk BKN,pengabdian saya mohon untuk diperhatikan jangan sampai ada kepeg daerah yg bisa dipengaruhi oleh segelintir orang yng merasa tidak senang dengan pengabdian saya, saya udah benar2 mengabdikan diri dari tahun 2003

  6. Tolong cepat selesaikan guru honorer k2 jd cpns atau pns

  7. ANAS NASRULLAH

    K2 DI KARAWANG KAPAN ?

  8. WIN

    Data base yg digembar-gemborkan untuk penyelesaian K II saat ini, tidak sesuai dengan fungsi dan makna data base yang sebenarnya. Pengelolaan & penyelesaian K II tdk ada niatan/inisiatif diselesaikan secara baik dan benar. Setelah seleksi nanti, maka akan muncul keluarga miskin baru yg terencana dan terorganisir. Dedikasi, etos kerja, kedisiplinan, pembinaan/diklat/seminar, masa kerja puluhan tahun, tumpuan harapan keluarga, dan seterusnya; nilainya jauh dibawah soal-soal pelajaran sekolah yg digunakan untuk menentukan nasip dan masa depan K II. Yg tdk ada kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab sehari-hari. Tapi apa daya bagi rakyat kecil. Yaa.. silahkan saja. karena semua ini adalah otoritas hasil keputusan bersama dari Bapak yang memiliki sifat otoriter. Keputusan bersama yang tdk cocok dengan UUD. Tdk memenuhi unsur nilai rasa kemanuisaan, dan keadilan. Tdk adakah kebijakan yg berpedoman pada dasar negara yaitu : Pancasila ? yg menjadi pedoman hidup berbangsa dan bernegara ? Haruskan diselesaikan dengan cara tdk beradab dan tdk berperikemanusiaan ? Sesungguhnya kami tdk percaya seleksi tenaga honorer K II dilakukan dengan jujur dan adil. Ada alasan yang sangat kuat. Yaitu : banyak pejabat negara dan pemerintahan tersangkut masalah uang…. uang…… dan uang. Hampir semuanya haus akan uang. Satu hal menjadi catatan penting adalah : tidak memberi peluang sedikitpun untuk melakukan korupsi; itulah wujud dari pemberantasan tindak pidana korupsi. Selekasi tenaga honorer K II melalui ujian; sangat jelas sekali bahwa tindakan itu indikasi dari celah untuk berbuat korupsi. Dan ini bisa dievaluasi setelah kegiatan ujian seleksi K II nanti. Jika terjadi penyelewengan pada seleksi K II; maka pembuat kebijakanlah yang harus bertanggung jawab sepenuhnya. Alangkah baiknya jika diselesaikan secara berjenjang. Usia dan masa kerjalah yang diprioritaskan terlebih dahulu. Bukankah sistem pemerintahan NKRI masih terus berjalan ? Tidak berhenti kan ? Mohon maaf jika ada tulisan yang kurang berkenan, Terimakasih.

  9. WIN

    Yth. Pejabat Pemerintahan dan Pejabat Negara
    Apakah keputusan untuk mengelola tenaga honorer K II dengan jalan seleksi/tes ujian kompetensi dasar dan bidang menjadi PNS sudah tidak dapat diganggu gugat ? Sudah menjadi harga matikah ? Karena disitu nanti akan terjadi pembunuhan hak untuk mendapatkan hidup yang layak. Akan ada pihak K II yang tidak lulus seleksi; dan ini sangat-sangat merugikan. Apakah tidak sebaiknya dilakukan dengan dasar-dasar pemikiran yang lebih mendasar dan kuat. Bahwa hidup ini tidak didasarkan pada materi belaka. Tidak ditonjolkan hal-hal yang bersifat jasmani belaka. Hidup ini harus seimbang. Kebutuhan jasmani hendaknya tetap seimbang dengan kebutuhan rohani. Jika kehidupan ini tak ada rasa dan jiwa yang menghidupkan; tak ubahnya seperti mayat hidup yang berjalan tanpa pedoman. Alangkah indahnya bila bangsa ini berjalan tetap memakai pedoman. Tanpa pedoman; tentunya akan salah arah untuk menuju masa depan. Nilai-nilai Pancasila hendaknya tetap diutamakan. Jangan ditinggalkan. Pancasila harus dipertahankan untuk mencapai cita=cita bangsa yang adil dan makmur. Apakah keputusan untuk menyingkirkan tenaga honorer yang tidak lulus seleksi menjadi PNS merupakan usaha untuk memakmurkan rakyat ? Buatlah keputusan yang bisa melindungi rakyatnya sendiri. Alangkah baiknya jika diselesaikan / diangkat menjadi PNS secara bertahap dan berjenjang. Utamakanlah usia dan masa kerja dalam pengabdian. Sekali lagi janganlah membelenggu dan merampas hak warga negara yang memang sudah menjadi haknya. Secara manusiawi melalui pengabdian yang panjang dan lama sekali; maka sudah sewajarnya bila mendapatkan haknya untuk diangkat menjadi PNS. Dan ini seharusnya sudah dikelola sejak dulu. Ada sistem manajemen yang dikelola oleh negara secara profesional. Yang kami maksud adalah; silahkan tenaga honorer K II ini dikelola dengan baik. Sekali lagi; dikelola. Bukan dimanfaatkan/diperlakukan dengan sewenang-wenang. Suatu misal : guru yang sudah PNS dan sudah bersertifikasi; dilakukan uji kompetensi keprofesionalannya. Jika tidak lulus maka guru tersebut akan dicoret menjadi PNS. Karena uji kompetensi ini sebagai alat untuk mengukur layak dan tidaknya seseorang menjadi PNS. Apakah harus begitu ? Segala keputusan hendaknya mengacu pada unsur kebaikan. Trims.

  10. imam

    yth bp.presiden/menpan tlgiah perhatikan nasib kami guru honorer k2 yang sudah usia kpl 4 kami juga ikut mencerdaskan anak bangsa kami mhn bp presiden segera memikirkan kami yg mengabdi puluhan tahun lamanya.

  11. Asslamu’alaikum…saya perawat yg mengabdi pd pemerintah sjak 2003 s/d sekarang.di Aceh utara.menurut sy cara yg adil bagi honorer k2 yaitu :pemerintah hrus turun ke lapangan/instansi terkait(RS/puskesmas/sekolah) dng menunjuk org yg dipercya di daerah msing2 untuk mendata lgsung dmn yg msih kekurangan dan dari kpan mengabdi kpd pemerintah.yg sesuai target dan instansi yg msih kekurangan tenaga itu yg semestinya duluan diangkat.kemudian bru menyusul yg slanjutnya.sy rsa dng cara bgini bisa menghemat anggaran sbb wlau bgaimanapun yg namanya k2 hrus dituntskan smua sampe 2014.klau dbuat tes sesama k2 otomatis tdk akan ckup setahun.pst thn dpan akan dites lagi,di tes lagi. dan itu akan merugikan anggaran.yg seharusnya anggran tsbt bsa untk byr gaji be2rapa PNS.sekian dan demikian smoga bsa jd masukan.

  12. Ai Ratnasari

    Assalamualaikum saya honorer dari tenaga pendidik yang mengabdi sejak tahun 2004, apakah pelaksanaan test CPNS akan benar benar dilaksanakan bulan april??Rasanya kita sebagai tenaga honorer kategori 2 merasa di permainkan dengan janji janji pemerintah yang katanya akan mengangkat tenaga honorer kategori 2 sejak tahun 2010,tapi sampai saat ini janji tersebut belum juga terealisasi.Kami mohon pda pemerintah untuk segera merealisasikan janji tersebut karena kami sudah sangat menunggu

  13. Suryaning Wuri Werdani, S.Pd

    bagi honorer yang mulai tahun 2006, apakah ada harapan ke arah pns ?

  14. Ahmad husairi

    Alhamdulah mudh2 an saya n istr saya lulus.

  15. UMAR

    PENDATAANNYA YG BETUL JANGAN SAMPAI BANYAK TITIPAN…SEHINGGA MENDLOLIMI YG LAIN…
    KASUS DI KEC. PASEH KAB. BANDUNG..YNG BARU MASUK PENDATAAN TAPI YANG LAMA MASA KERJANYA TIDAK….

  16. trie

    saya guru PNS yg merasa ikut prihatin kpd gtt terutama yg k2,mhon utk dapat diangkat PNS mereka bekerja keras seperti halnya PNS bahkan bisa melebihi,mereka mengorbankan keluarga dg sedikit upah demi kemajuan bangsa dg mendidik anak2.

  17. mety

    ass… km mohon utk honorer K2 diselesaikan dgn cermat, adil dan jujur serta tidk merugikan pihak2 tertentu.. angktlah menjadi CPNS para honorer K2 yang benar2 tlh mengabdi pada bangsa dan negara ini,

  18. mety

    ass. kepada para pejabat negara yang terkait.. kami mohon pikirkan nasib kami para honorer K2 yang telah mengabdi dengan tulus dan ikhlas pada negara ini.. adakah kelanjutan nasib kami para honorer ini?

  19. moga apa yg mnjadi harapan bagi teman2 smua segera terwujud..amin.

  20. abdi

    Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan banyak pengorbanan yg lbh khususnya bagi anak didiknya.jd pantaslah seoarang guru memperoleh kesejahteraan yg lbh khususnya guru honorer yg blm ada kepastian bakal jd cpns jd kesejahteraan psti kurang.Mohon kita diperlakukan secara adil….supaya kita dapat mengsejahterakan keluarga kita

  21. titi

    Pak,Bu…..saya merasa ada pencerahan setelah dengar kabar tentang CPNS otomatis.tapi sekarang mah sediiihhhhh pisan…., usia sudah 48th.masih harus ikut testing CPNS,padahal Pak..Bu… saya bekerja tanpa kenal lelah…selalu eksis setiap kegiatan. seringkali pekerjaan dibawa kerumah dan dikerjakan sampai malam.aduuuhhh….bapak/Ibu gimana kalau saya tidak masuk passing grade…??? sedangkan saya usia saya sudah mau setengah abad,dan saya seorang singgle mom dengan anak-anak yang masih SD.Ironis ya Pak/Bu,,sementara saya mencerdaskan anak bangsa,tetapi anak sendiri madesu karena tidak ada finansial untuk lanjut ke jenjang lebih tinggi(andai tidak lolos CPNS)padahal saya sudah dengan engap-engapan mengikuti jenjang S1.dan sudah ikut sergur pada thn 2012,tetapi setelah lulus sergur juga jadi masalah.tunjangannya tidak akan turun….saya sediiihhh dan belum mengerti aturan-aturan yang dibuat pemerintah..kumaha atuh Pak/Bu..apakah saya harus bekerja dengan “senyum didalam tangis..?”.(Curhat kpd Para Pejabat yang terkait).

  22. saya sudah 2 tahun di berhentikan kerja karena ketidakjelasan status…mudah2an tahun 2013 ini semua tenaga honorer kategori 2 di angkat jd pns

  23. Assalamu Alaikum…..Alangkah bijaksananya Pemerintah NKRI jika Guru-guru honorer K2 langsung diangkat jadi PNS dengan mengutamakan lama pengabdian dan umurnya…..kasihaaan…….. dengan keluarganya. kalau itu tdk dilakukan secepatnya kemiskinan akan makin bertambah……………. yakin paaak ???

  24. hairun zainuddin

    terserah dengan pemimpin,,,mau baiknya bagaimana asal saudara ingat dunia ini anda hanya sementara akan mati juga…

  25. ogok

    silahkan serang website resminya…percuma koar2 di sini toh tidak d baca jg dengan yang besangkutan.

  26. Yth:kepada bpk.presiden..dan pimpinan yg mengemban kategori 2,saya mhn kejelasan dari k.2,kami dari dinas bmsda kota depok..sangat2 mengharap kan sekali dari kelanjutan ini,kami mengabdi sejak thn 2003 smpi saat ini di dinas bmsda 2013..mdh2an pengabdian saya di perhatikan,siang malam kami berdoa’mdh2an k2 ini bkn hanya impian,tetapi jadi kenyataan,karna kami sekarang sdh menjadi tulang punggung klg.mhn perhatian dari k.2 ini..berjalan dgn baik..dan tdk ada yg menyulit kan ..kami berdoa agar berjalan lancar…amin

  27. yth. bpk..presiden..menpan dan bkn pusat serta dinas2 terkait.
    saya salah satu honorer mulai tahun 2006. semoga dengan adanya k2 di tahun ini tidak ditunda-tunda lagi seperti tahun 2012. nasib dan keluarga kami sangat mengharapkan ini menjadi nyata bagi kami. saya berdoa semoga yang terlibat di dalam kegiatan ini benar-benar bekerja dan sehat walafiat. karena beribu-ribu masa dpan anak bangsa dipertaruhkan disini…BKN..PNS..MENPAN..PRESIDEN..RAKYAT…SERTA HONORER…SUKSESLAHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH…..

  28. JACK

    kami berharap pemerentah benar-benar memprioritaskan tenaga honorer yg sdah berjasa salama ini untuk membantu negara. smaga bulan april benar-benar tes cpns untuk tenaga honorer kII

  29. slam putra

    Saya tenaga honorer yang dibiayai APBD, TMT 1 Januari 2015..Namun tercatat di SK Kontrak kerja tertanggal 3 oktober 2005…Bagaimana nasib kami karena tdk masuk kategori 1 maupun 2…Mo kemanakan kami…mohon kejelasan…trmksh

  30. suryani

    semoga Alloh berikan jalan keluar yang terbaik Amiin

  31. thobing

    percaya ga percaya….

  32. saut

    Haruskah pake uang

  33. Muh. Jefry

    Assalamu Alaikum Wr. Wb…………
    Yth.Bpk.Presiden Menpan dan BKN Pusat serta dinas2 terkait.saya salah satu Tenaga Honorer Daerah yg masuk K2, karn sy tlah bekerja di kantr Kecamtan Balanipa Sulbar dari Tahun 2003 sampai skrg, jd kira2 sy tlah mengabdi selama 10 Tahun Pa. sy sangat berharap dpt lulus menjadi CPNS agar dpt lebh mensejahtrakan keluarga sy. untuk itu sy mohon perhatian dr Dinas2 yg terkait dlm pengangkatn Pegawai agar lbh memperhatikan Honorer yg tlh mengabdi sgt lama.
    trima kasih atas perhatianya
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb…………

  34. kapan diriku menjadi seorang pns yang sejati…… sudah 8 tahun saya jadi tks dikecamatan cilaku kabupaten cianjur……tolong lah kpd bpk presiden dan para pemimpin BKN dan BKD untuk segera meringankan beban para TKS yang dengan sukarela mengabdi kepada pemerintah dan negara tolonglah bekalin kami karena dibalik kesukarelaan kami ada keinginan yang sangat sangat lebih mengabdi kepada negara dan siap untuk melayani masyarakat. boleh dicatat : insya alloh kami siap untuk diberikan pendidikan supaya menjadi PNS yang sejati..aminnn

  35. aslmkm.wr.wb.denga ini kami mohon kpd bpk.presiden,atau pimpinan daerah mau pun pusat tolong perhatikan nasib kami yg sdh mengabdi,dari tahun 2004,smpai skrg,sungguh berat perjuangan kami,yg mungkin kami tidak bisa ucapkan dgn kata2trima kasih sblm nya.wslm

  36. mostwanted

    Begitu agungkah kehidupan seorang PNS? Sehingga kalian begitu bernafsu dalam menggapainya. Kalau mau mengabdi, jadilah sang abdi yg tulus. Ini negara memang sudah terlalu banyak pegawainya. Lebih 50 persen APBD/APBN terkuras utk membayar pegawai. Pembangunan sarana vital rakyat malah nyaris tak tersentuh. Kalian para PNS menikmati kesejahteraan sementara rakyat kebanyakan malah terabaikan. Cam kan ini!

  37. yang terhormat BKN mohon perhatikan guru honorer yg sudah lama mengabdi di sekolah swasta kami pun sama sebagai pendidik yg mencerdaskan bangsa jangan hanya guru honorer di sekolah negeri aja yg diberi kesempatan untuk verivikasi PNS.khususnya guru PAUD yg mendidik anak bangsa mulai dari nol.trims

  38. eva

    saya kira ngulur waktu aja K II akan tes katanya sih April ..bener ga sih akan diangkat PNS K II ?

  39. dina

    apakah pemerintah menunggu sampai tenaga honorer kategori 2 menyerah dan mengungsi keluar negeri untuk jadi TKI? oh…. sedihnya….

  40. Assalamualaikum, yang terhormat para empunya kebijakan di atas sana, seperti termaktub dalam pp perubahan tentang pengangkatan tenaga honorer bahwa jumlah k II yang akan diangkat didalam pp tidak disebutkan jumlah persen hanya tertulis bahwa yang memenuhi nilai standar kelulusan maka akan lolos maka mohon apabila smua K II nilainya diatas nilai standar kelulusan maka sudah menjadi amanah yang punya kebijakan untuk mengangkat kami smua K II menjadi PNS,

  41. DULAJID

    mbok yo dipikirna nasibe gtt k2 pak,duit diubah-ubah go nganakna pemilu ,nganakna sertifikasi,gtt negeri nasibe piye?sertifikasi ora kejatah,kerja diforsil,pengangkatan k2 diulur-ulur.nasib-nasib…

  42. ass, bpk2 yg terhormat saya SUKWAN dari kab CIANJUR, saya sudah mengabdi dari tahun 2004 SK pertama saya dri kpala sekolah asli thun 2004 sdngkan tman saya SK nya 2010 tpi krna ingin msuk katagori II jdi SK awalnya d samakan dengan saya 2004, jdi mreka msuk katagori II mohon bpk yg terhormat lebih selektif dalam memeriksa pemberkasan nya supaya jangan sampai yg benar2 mengabdi tidak mendapat hak nya… terimakasih…

  43. achiel

    yth. bpk presiden…jgn cuma guru honor yang diperhatikan,yang juga harus di perhatikan operator komputer/TU honor disekolah

  44. sepirelawati

    Kepada yang terhormat pemerintah yang terkait tolong diperhatikan tenaga kesehatan terutama perawat dengan status honor dari tahun 2006 gmn nasibx

  45. IBU WIDIA

    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2 DAN SAYA JUGA LAMA MEMENUNGGU HASIL KELULUSAN SAYA DAN SAYA DI BERITAU KE PADA ANDA DAN TEMAN-TEMAN SAYA UNTUK MEMINTA BANTUAN KE PADA BAPAK DR.H,HAMMAT JATMIKO.SH Di BKN PUSAT,DAN AKHIRNYA SAYA BISA LULUS DAN SAYA CUMA BISA MENYAMPAIKAN KE PADA PARAH ANGGOTA HONORER YANG SUDAH LAMA MENGABDI UNTUK KELULUSAN CPNS,ANDA BISA HUBUNGI BELIAU BAPAK DR.H.HAMMAT JATMIKO.SH DI NOMOR:
    0852 8892 2296
    SEMOGA ANDA BISA DI BANTU WASSALAM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s