HARI INI (SELASA, 21 FEBRUARI 2012) FINALISASI RPP HONORER MENJADI PP PENGANGKATAN CPNS

NASIONAL – HUMANIORA

Selasa, 21 Februari 2012 , 04:24:00

Massa aksi tenaga honorer menuntut segera diangkat menjadi CPNS, di depan Istana, Senin (20/2). Foto: Arundono/JPNN
JAKARTA – Tidak sia-sia aksi demonstrasi 20 ribu lebih guru honorer anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di depan Istana Kepresidenan, Senin (20/2). Hari ini, sepuluh perwakilan PGRI diminta ikut rembukan finalisasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI Sulistyo menjelaskan, aksi demonstrasi ribuan guru ini benar-benar dilakukan dalam kondisi terpaksa. Sebenarnya dia sudah menghimbau kepada para guru untuk tidak demo. “Tapi upaya pengangkatan honorer ini sungguh kebangetan,” kata Sulistyo. Sebab, RPP ini sejatinya sudah bisa disahkan sejak 2009 silam.

Sulistyo menjelaskan, penghargaan pemerintah terhadap guru honorer sangat minim. Bahkan dia mengatakan, ada salah satu menteri yang berpidato kemana-mana yang isinya justru menyalahkan guru honorer sendiri. “Ya masak pantas ada menteri yang ngomong siap suruh jadi honorer. Sudah tahu gajinya Rp 200 ribu per bulan,” kata Sulistyo sambil mewanti-wanti nama menteri yang bersangkutan tidak dikorankan.

Menteri tadi, kata Sulistyo, juga menggunjing para guru honorer tidak memposisikan diri layaknya buruh industri. Pada intinya, guru merupakan sebuah profesi. Jadi, para honorer tidak perlu menuntutu upah layaknya buruh pabrik.

Di tengah kegelisahan sejumlah guru honorer itu, untungnya bisa sedikit terobati. Tepatnya setelah mereka kemarin sore diterima oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar, Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam, dan Julian Aldrin Pasha, juru bicara presiden. “Dari Kemendikbud diwakili wakil menteri bidang pendidikan. Tapi datangnya telat,” ucap Sulistyo.

Hasil dari pertemuan tersebut, hari ini sepuluh perwakilan PGRI diundang  untuk ikut rembuk dalam finalisasi RPP pengangkatan tenaga honorer. Pertemuan pembahasan finalisasi ini direncanakan sore nanti (21/2) di kantor Kemen PAN-RB.

Sulistyo menjelaskan, upaya Kemen PAN-RB yang bersedia mengajak perwakilan guru honorer anggota PGRI harus disambut baik. Dengan cara ini, perwakilan honorer bisa ikut menyumbangkan aspirasinya. Langkah ini, kata Sulistyo, bisa menghindari adanya persoalan pelik pasca penandatanganan RPP pengangkatan honorer oleh Presiden SBY.

Selama ini, Presiden SBY memang beralasan tidak segera mengesahkan RPP tersebut karena diliputi kecemasan. Orang nomor satu di republik ini tidak mau ada polemik yang tambah pelik setelah pengesahan RPP tadi. Sehingga, dia meminta Kemen PAN-RB dan kementerian terkait lainnya untuk merumuskan lebih bagus lagi RPP itu.

Jika hari ini finalisasi RPP itu benar-benar rampung, dijadwalkan Kamis draf RPP bisa dimasukkan ke Sekretariat Negara (Sesneg). Sulistyo mendapatkan bocoran jika sudah masuk ke Sesneg, RPP ini akan dibawa di rapat terbatas. Rapat ini akan diikuti Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kemen PAN-RB, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Sesneg. “Tidak perlu menunggu sampai April,” ujar Sulistyo.

Sebelumnya memang sempat muncul kabar jika Kemen PAN-RB memasang target finaslisasi RPP pengangkatan honorer April mendatang.

Di tengah kabar baik ini, Sulistyo menghimbau para tenaga honorer di daerah. Dia menyerukan supaya para tenaga honorer, baik guru maupun tenaga lainnya, untuk tidak menyetor uang ke bupati atau walikota. Dia menegaskan jika pengangkatan ini murni rencanan negara dan tidak dipungut biaya. “Meski yang datang itu tim sukses bupati atau walikota, jangan mau memberi uang,” kata dia.

Selama ini, Sulistyo mengatakan ada laporan jika setiap honorer diminta Rp 40 juta untuk bisa ikut validasi dan verifikasi. Jika tidak menyetor upeti itu, nama para honorer akan dicoret. Sehingga, tidak bisa mengikuti tahap validasi dan verifikasi. (wan)

About these ads

10 Komentar

Filed under artikel, BERITA, calon guru, catatanku, CPNS, GTT, GURU, guru dan calon guru, guru honorer, guru swasta, honorer, honorer kategori I, honorer kategori II, INFO, informasi, kebijakan pemerintah, Kota Reyog, lowongan pekerjaan, pendataan tenaga honorer, PENDIDIKAN, penerimaan cpns, PNS, ponorogo, produk hukum, ptt, tenaga honorer, yayasan

10 responses to “HARI INI (SELASA, 21 FEBRUARI 2012) FINALISASI RPP HONORER MENJADI PP PENGANGKATAN CPNS

  1. azan

    selamat berjuang maju terus pantang mundur

  2. suryadi

    mudah-mudahan impian jadi kenyataan

  3. FANIA

    KASIAN BIDAN PTT DI DESA-DESA GAJI 1,4JT 2BLN CM KELUAR 1BLN, TH KEMARIN PASTI HANGUS, TOLONG DOONG MASUKAN PNS AJA, KAN TENAGANYA DIBUTUHKAN MASYARAKAT DI DESANYA, APALAGI PENGAMBIANYA UD MULAI TH 2009 BAHKAN ADA YG LEBIH, LAMA, PELAYANAN PASIEN UD JAMPERSAL, DAN JPS, KLIMNYA 3BLN PALING CEPAT BARU KELUAR, HARUS BAYAR SETORAN BULANAN RUTIN, NAH KALAU GAJI LAMBAT DARI MANA TAMBAHAN UANG SETORAN SAYANG……… TOLONG TUK DINKES JAWA TIMUR DAN SEMUA………

  4. ASS. Menurut Nuh(PP), ada beberapa daerah yang sejak 2005 tidak mengangkat guru PNS kenapa demikian?. Tenaga honorer juga harus memiliki masa kerja minimal per 31 Desember 2005 berarti(diatas)1 januari 2006, 2007, 2008 dst tidak mengangkat guru PNS berarti kalau pakai logika (Penalaran). Tetapi 31 Desember 2005 dibawah tanggal 1 januari 2005, 2004,2003,2002 dst seharusnya diangkat PNS kalau pakai logika yang baik (bulan januari sudah lewat dari bulan desember berarti dibawah bulan 31 desember 2005) seharusnya diangkat menjadi PNS 2012/2013 begitu, baru itu namanya adil, bijaksana dan jujur mengambil keputusan didalam/diluarnya rapat.masalah ijasah mau tanggal, bulan dan tahun berapa tidak masalah yang penting S1 mau itu (Agama Islam, guru kelas, bidang study dan olah raga) dan yang terpenting sekali ngajarnya dikelas/Ngabdi dan jangan diluar kelas. . Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  5. Ass. Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN DAN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus(Dihabiskan))” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)” itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) diangkat menjadi PNS. TOLONGLAH/KABULKANLAH “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 201” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Olah Raga
    yang penting ngajarnya menggunakan kompetensi (Buku-Buku Disekolah) yang baik dan biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung)/ Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Cerah/Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  6. Ass.Masa Cuma guru bantu 2004 dari APBN/APBD aja yang diperhatikan DIANGKAT PNS sama Pemerintah/Negara itu namanya Gak Adil/ Licik, Seharusnya yang bukan guru bantu dan guru bantu diperhatikan juga dunk, diangkat menjadi PNS itu baru namanya Adil(PANCASILA) dan Bijaksana dalam memimpin Negara Republik Indonesia.Kalau buat PP jangan harga mati kalau bisa berubah/Biasa saja buatnya/baik didengar/baik dilihat (kalau tahunnya berubah pasti PPnya berubah juga, gak mungkinlah gak berubah PP nya pasti berubah, jadi jangan bilang begitu”pp harga matilah”itu namanya sombong dan gak boleh bilang begitu’ppnya harga mati’).Buat PP Tanggung Amat 31 Desember 2005 Artinya 1 tahun kurang 1 hari seharusnya BISA diangkat PNS. Kalau buat PP Pas/Afdhol/Awal tanggal 1 januari 2006 itu yang baru enak dilihat/enak dipandang oleh semua guru honorer/masyarakat tetapi dilihat dari tugas mengajar disekolah(ngabdinya) dan Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus/Ramadhan/Syawal (Dihabiskan)) itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, BAIK(di dalam dan di luar) DAN JANGAN PELIT ” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)”, itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, TENANG DAN BAIK(di dalam dan di luar), Biar Tidak Ada Lagi Keceburuan/Resah/ Khawatir Semua Guru Honorer/ Tanpa Dipungut Biaya(tanpa minta uang sama guru honorer”oknum”) Dan Kalau Bisa Dibantu Secara Gratis/Ikhlas. Jadi tolonglah/kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Nur Diana Waty dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini diangkat menjadi PNS 2012- 2015 dst (yang ditulis seperti diatas ) SEKARANG INI. Supaya Cita-Cita Manusia Didunia Ini Tercapai Dan Tidak Dihalang-Halangin Jalanmya Menjadi Pns. Kalau dihalangin cita-cita manusia menjadi Guru PNS Berarti Berbuat Dosa Besar dan kalau tidak dihalangin cita-cita manusia menjadi GURU PNS Berarti Baik/Syurga/Apalagi Menolong/Membantu Yang Ada Baik(mendapatkan pahala dari Allah SWT).” DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Dan Olah Raga, yang penting ngajarnya dikelas menggunakan Buku-Buku Disekolah (kompetensi) biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung) dan Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Bagus. Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  7. Ass. kalau buka peluang lagi pengangkatan PNS itu caranya lambat / apalagi ada oknum(dmintain uag guru honorer kalau pingin jadi PNS) dan kalau gak punya uag gimana seperti saya ini dan semua guru honorer?..’pasti gak diangkat/gak selesai-selesai malahan membuat gelisah/resah semua guru honorer, kalau syarat saya san semua guru honorer biar cepat/tuntas tidak menunggu lagi caranya pengangkatan PNS guru honorer yang baik adalah guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN DAN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus(Dihabiskan))” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)” itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) diangkat menjadi PNS. Tolonglah(Hibah)/Kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Nurdianawaty dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 201” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Olah Raga yang penting ngajarnya menggunakan kompetensi (Buku-Buku Disekolah) yang baik dan biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung)/ Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Cerah/Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  8. Haidir

    Ya, mestinya begitu, tp nasib sy beda sehrsnya masuk k2 tp mlah tdk msuk pdahal sy mulai menhgajar thn 2003 bukti dah lengkap P1, absen, sk awal sampai akhir srut tugas, tp apa yg aku dpt org BKD Lampung utara data ini dr BKN pusat, jdi org BKD kerja apa? Sy berhrap tuk thn 2014 ada kebijakan dr pemerinta pusat maupun daerah.

  9. Haidir

    Ya, mestinya begitu, tp nasib sy beda sehrsnya masuk k2 tp mlah tdk msuk pdahal sy mulai menhgajar thn 2003 bukti dah lengkap P1, absen, sk awal sampai akhir srut tugas, tp apa yg aku dpt org BKD Lampung utara bilang data ini dr BKN pusat, jdi org BKD kerja apa? Sy berhrap tuk thn 2014 ada kebijakan dr pemerinta pusat maupun daerah, ingatlah pak Asmidi dan bawahanmu jabatanmu merupakan amanah, tuhan tau akan perbuatanmu dan semuanya itu akan ada blsannya, aku percaya tuhan akan mengabulkan do’a org2 yg terzolimi dn dihianati, ingat pak Asmidi tuhan tdk buta dn tdk tuli, Dia akan mendengarkan keluhan org2 yg tersakiti. Aku percaya kau akan menerima blasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s