Pemerintah Daerah yang Memanipulasi Data Tenaga Honorer Pasti Terlacak

JAKARTA – Untuk kesekian kalinya, pemerintah mengingatkan pemerintah daerah agar tidak memanipulasi data tenaga honorer yang dimasukkan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk diangkat menjadi CPNS. Jika sebelumnya yang sering mengeluarkan warning dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpan & RB) dan BKN, kali ini dari Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemdagri, Diah Anggraeni mengatakan, pelaku manipulasi data honorer pasti terungkap. “Kalau ada manipulasi, pasti ketahuan. Melacaknya gampang, siapa kepala daerahnya saat itu (saat SK honorer dikeluarkan, red). Saya ini mantan Kepala Biro Kepegawaian selama lima tahun, sudah hapal (modus-modus manipulasi, red),” ujar Diah di kantornya, Selasa (21/9). Sebelumnya, Diah merupakan pegawai di Pemprov Jawa Tengah.

Dia sendiri merupakan anggota tim penerimaan CPNS tingkat nasional. Dia mengatakan, tenaga honorer yang mulai bekerja di atas tahun 2005, tidak bisa diusulkan untuk menjadi CPNS. “Untuk pendataan honorer, data base-nya 2005. Untuk di atas 2005, tidak ada pengangkatan,” tegasnya.

Dia meminta agar pemda tidak memanipulasi data honorer. Jika kecurangan tetap dilakukan, justru akan mempersulit proses pengangkatan honorer jadi CPNS. “Kasihan dong, pemerintah sudah berupaya mengangkat honorer, jangan malah dimanipulasi,” pintanya lagi.

Dia membenarkan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir pengangkatan honorer jadi CPNS. Mulai tahun depan, sudah tidak ada lagi pengangkatan honorer jadi CPNS. “Tahun ini terakhir untuk honorer,” cetusnya.

Pernyataan Diah memperkuat keterangan Sekretaris Menneg PAN & RB, Tasdik Kinanto, beberapa hari lalu. “Ini yang terakhir kita angkat CPNS dari honorer. Setelah penyelesaian honorer kategori satu (APBN/APBD) dan kategori dua  (yang tidak dibiayai APBN/APBD), tidak ada pengangkatan lagi,” tegas Tasdik.

Jika nanti ada lagi permintaan daerah bahwa masih banyak honorer yang belum terdata, Tasdik mengatakan sudah tidak ada tawar-menawar. “Sudah cukup kebijakan pusat memahami daerah. Pemda yang lalai, pusat yang tanggung resikonya. Logikanya, kalau ngaku ada banyak honorer, berarti kan sudah siap data. Jadi tidak ada lagi istilah tercecer,” tandas Tasdik. (zun)

22 September 2010
Kategori: Berita . . Penulis: fthsnikarawang



About these ads

14 Komentar

Filed under artikel, BERITA, catatanku, CPNS, honorer, INFO, informasi, lowongan cpns 2010, lowongan pekerjaan, pendataan tenaga honorer, penerimaan cpns, ponorogo, produk hukum, ptt, tenaga honorer

14 responses to “Pemerintah Daerah yang Memanipulasi Data Tenaga Honorer Pasti Terlacak

  1. mahdalena

    bagaimana dengan tenaga honorer yang dimulai dari tahun 2006,2007, dst…? apa tidak dapat perhatian sedikit pun. ikut tes pun selalu gagal karna tesnya ga murni.

  2. sari

    mau tanya nih mas,,
    honorer masuk taun 2004
    umur per 1 desember 2010 47 tahun jadi pada saat tahun 2004 masih 41 tahun,,apakahg masih bisa diangkat pns?
    kemarin sudah ikut pemberkasan..matur nuwun

  3. WANTOKO.,SH

    SAYA TETAP TIDAK SETUJU DENGAN PERNYATAAN TSB (TENAGA HONORER YANG MULAI BEKERJA DIATAS TAHUN 2005, TIDAK BISA DIUSULKAN UNTUK MENJADI CPNS),KARENA SEBAGAI PEJABAT WAJIB BIJAKSANA DAN PEDULI TERHADAP BAWAHANNYA. EMANGNYA PEJABAT YANG ADA DI PEMDA MENGURUSI TENAGA HARIAN LEPAS TIAP HARI….BELIAU KAN JUGA BERTANGGUNG JAWAB ATAS TUPOKSINYA YANG MELEKAT PADA JABATAN TSB. SEWAJIBNYA SEBAGAI PUSAT (BKN/BADAN KEPEGAWAIAN NASIONAL)MEMAHAMI MASING-MASING DAERAH…
    SAYA SETUJU DENGAN DIBUKANYA TENAGA HARIAN LEPAS UNTUK 2010 SAMPAI TIDAK TERBATAS YANG PEREKRUTANNYA SECARA SELEKTIF,MISAL DARI GARIS KETURUNAN,DARI TEMAN-TEMANNYA/SAHABAT-SAHABATNYA DENGAN TUJUAN: SUPAYA KALAU ADA APA2 DENGAN ORANG TSB BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN KARENA ADA YANG MEMBAWA, SEKARANG DIBERITA-BERITA BAIK ELEKTRONIK MAUPUN CETAK ADA SEBAGAIAN ANGGOTA TERORIS YANG BERASAL DARI PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL). COBA ANDA BAYANGKAN KALAU TIDAK ADA YANG MEMBAWA,SIAPA YANG DIPERTANGGUNGJAWABKAN?????
    APAKAH ANDA SEBAGAI PEJABAT KURANG MEMAHAMI, KURANG PEKA DAN KURANG BERHATI-HATI DALAM PEREKRUTAN CPNS DARI PELAMAR UMUM?????…..TRIMAKASH.

  4. IFANA WURYANDARI

    pernah denger klo kab. mojokerto udah mendahului pemberkasan cpns 2010 tah Mas? padahal itu tanpa tes ataupun pengumuman. tapi beritanya kok gak terdengar lagi, jadi binggung nih.
    sesuai petunjuk jenengan saya sudah ke BKD ternyata jawabanya terlalu diplomatis untuk database guru honorer. waduh gimana nih kok dimanipulasi and diporoti duwit terus!

  5. meti

    Saya Honorer non APBD dari tahun 2001 tidak terputus di Sudin PU Jalan Jakarta dan belum terdata di BKD DKI Jakarta, apakah saya bisa diangkat menjadi CPNS. trims

  6. sy mau nanya pak ap kesempatan tenaga honorer tahun 2006 ke atas dah tdk ad lg kesempatan tuk jd cpns lg nich …mhon penjelasan pak……..?

  7. Drajat Ariyanti

    bagaimana dengan tenaga honorer yang masuk diatas 1 januari 2005 tapi masih sebelum PP 48 ( 11 November 2005 ) misal 17 Maret 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s