Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Kuota 2010| Jalur Portofolio Diknas Depag

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi seputar sertifikasi guru kuota 2010, dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut, tidak usah menanti sosialisasi dari dinas terkait:

1. Pelajari buku-buku pedomannya dan semua informasi yang terkait dengannya, kemudian usahakan untuk men- download melalui sumber aslinya di sini (sergur).

2. Khusus teman-teman guru bukan PNS, jangan sedetikpun ketinggalan informasi tentang inpassing . Untuk pelajari dan pantaulah selalu link-nya di sini(inpassing), sebab Anda lulus sertifikasi tidak sempurna kalau belum mendapatkan SK Inpassing Guru Bukan PNS.

Terimakasih, semoga manfaat dan barokah, amin.

138 Komentar

Filed under BERITA, calon guru, catatanku, CPNS, download, GURU, guru dan calon guru, guru swasta, hari guru, INFO, informasi, inpassing, inpassing guru swasta, kebijakan pemerintah, kepala sekolah, kepala sekolah/madrasah, motivasi, opini, pedoman sertifikasi guru, pembelajaran, PENDIDIKAN, petunjuk teknis sertifikasi guru, ponorogo, produk hukum, psg, SERTIFIKASI, sertifikasi guru, sertifikasi guru depag, sertifikasi guru diknas, um malang

138 responses to “Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Kuota 2010| Jalur Portofolio Diknas Depag

  1. narno

    ada perkembangan info lebih lanjut?

  2. Maaf saya adalah guru yang sudah selesai S 1. Namun belum diberi kesempatan ikut sertifikasi. Padahal kerja saya kurang bagaimana. Untuk itu mohon penjelasan bagaimana agar saya diberi kesempatan untuk sertifikasi kuota 2010…tolong saya kasi informasi…bagai mana caranya ????terima kasih sebelumnya

    • masedlolur

      Yth Kurnia Saputra, saya bisa memahami Anda, namun coba dipelajari benar-benar Buku 1, Pedoman Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan, yg bisa anda download disergur, terimakasih

    • gusnurika

      Maaf sebelumnya saya adalah guru yang sudah selesai S 1. Namun belum diberi kesempatan ikut sertifikasi. Padahal kerja saya kurang bagaimana. Untuk itu mohon penjelasan bagaimana agar saya diberi kesempatan untuk sertifikasi kuota 2010…tolong saya kasi informasi…bagai mana caranya ????

      • masedlolur

        Yth Gusnurika, inilah aturannya, jadi mereka tidak salah, terimakasih.

        2. Persyaratan Khusus untuk Uji Kompetensi melalui Penilaian Portofolio
        a. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S‐1) atau diploma empat (D‐IV) dari program studi yang memiliki izin penyelenggaraan
        b. Memiliki masa kerja sebagai guru (PNS atau bukan PNS) minimal 5 tahun pada suatu satuan pendidikan dan pada saat Undang‐Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen terbit yang bersangkutan sudah menjadi guru.

  3. LUTFI HAKIM

    assalamu’alaikum wr wb.
    minta tolong dong info tuk peserta 2010 depag jakarta timur.

    trims

  4. zulfahmi

    cukup atas infonya sementara ini!

  5. nana

    bagaimana yah cara mendapatkan informasi tentang hasil sertifikasi??,susah sekali.saya tinggal di kabupaten pandeglang.mohon informasinya.thx

    • masedlolur

      Yth Nana, kesulitan mengakses informasi hasil2 sertifikasi melalui internet harus Anda atasi dengan cara2 biasa, yaitu datangi saja PT yang melakukan penialaian dokumen sertifikasi Anda, terimakasih.

  6. aris purwantoro

    ass.pak saya mau tanya buku pedoman 1 itu juga berlaku untuk depag juga ta?

  7. Endang Sugiyanti

    Apakah daftar peserta sertifikasi tahun 2010 depag jakarta timur sudah bisa diakses?

  8. Endang Sugiyanti

    Bagaimana caranya untuk mengganti data base th 2009 jika ada kesalahan.bidang studi : harusnya Fiqih/agama. tapi didata base 2009 tercantum guru kelas. Bagaimana prosedur yang benar?

  9. Ass.
    Dimana saya bisa dowload daftar longlist peserta sertifikasi guru depag 2010?
    makasih, wass
    madi79madi79@yahoo.co.id

  10. Eh, maaf, jangan langsung suruh tanya ke kantor depag lho…. ribet. hehehe………………………..

    • masedlolur

      yth Sumadi, ya, saya tidak menyarankan Anda tanya ke Depag, tapi perkara ribet sih tidak selalu, tergantung kitanya kok, terimakasih

  11. toni safrudin

    Maaf saya adalah guru SI lulusan PKN tahun 1998.Mengajar sejak tahun 1998 jadi telah 12 tahun mengajar.Tapi kenapa saya belum dapat kesempatan ikut sertifikasi.Usia sudah 38 tahun dan masih honorer.

    • masedlolur

      Yth Toni Safrudin, satuan pendidikan Anda sekolah atau madrasah? Kalau ingin kepastian bisa langsung tanyakan kepada pejabat terkait. Kalau ini dirasa ribet, coba telitilah peserta mapel PKN, ada atau tidak yang masa kerjanya lebih rendah dari Anda. Kalau ternyata ada, ini wajib ditanyakan langsung, terimakasih.

  12. toni safrudin

    Saya sekarang mengajar di sekolah tepatnya di sekolah dasar terima kasih atas jawabannya

  13. tuti alawiyah

    maaf saya mau tanya sertifikasi jalur pendidikan kapan dimulai?? apakah harus pns??

    • masedlolur

      Yth. Tuti Alawiyah, program itu sudah dimulai sejak 2007, dan untuk sementara yang saya ketahui, pesertanya ditentukan oleh diknas setempat, karena mereka tidak mendaftar tetapi dipanggil, terimakasih

  14. ma’af ya mau nanya, aku dah lulus s1 blan Januari 10, tapi mau ikut sertifikasi kuota 2010 dah ketinggalan. Apa bisa menyusul untuk kuota tahun 2010. padahal aku mengabdi dah 25 tahun

    • masedlolur

      Yth. Jiya, siapakah yg berhak menentukan peserta sertifikasi? Kalau Anda bisa, saya kira perlu diusahakan, terimakasih.

  15. kapan long list keluar untuk guru depag

  16. samsuddin siregar

    sebenarnya pelaksanaan sertifikasi penuh dengan ketidak adilan . saya sebagai kepala madrasah masa kerja mengajar sudah 6 tahun sudah S.1 sampai saat ini belum sertifikasi padahal guru biasa masa kerja 4 Tahun umurnya masih di bawah saya malah di sertifkkasi lebih dulu . ini ada apa . ini akan membuat lebih banyak barisan sakit hati . tolong di sampaikan ke dirjen pendidikan Islam jakarta bahwa pejabat di daerah tidak bekerja dengan hati nurani tetapi dengan egonya sendiri .

    • masedlolur

      Yth Samsuddin Siregar, buktikan saja berdasarkan buku pedoman peserta sertifikasi, bahwa mereka menyimpang dari aturan, ini jalan keluarnya, terimakasih

  17. Solahudin, S.Pd.I

    As.Wr.Wb

    Yth,
    Saduraku Guru Honorer Se Indonesia, dengan terbitnya SERTIFIKASI bagi kaum guru yang belum tersentuh kesejahteraannya, maka kami menyaran kan kepada Guru – Guru Honorer yang akan sertifikasi harus berhati – hati karena dengan munculnya Sertifikasi, sekarang tumbuh pula MAFIA serifikasi sehingga akan merugikan teman teman, yang punya rasa tanggung jawabnya di dunia pendidikan, jangan dikalah kan oleh Guru honorer yang hanya menumpang dan ingin sertifikasinya doang …

    Terimakasih

    • masedlolur

      Yth Solahudin SPdI sebaiknya ada bukti yang menyertai sinyalemen Anda ini, sehingga bisa diunggah di blog ini, terimakasih

  18. Suhandi Yusuf

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Pak. saya mau tanya apakah kapan format sertifikasi jalur pendidikan dikirim ke Kab./Kota. oh iya saya guru SMA Ijasah S1 dan S2 saya Jurusan Bahasa Indonesia namun saya lebih aktif dibidang TIK bahkan saya sudah memiliki 8 Sertifikat Tk. Nasional masa kerja saya mulai jadi tenaga Honorer pada sekolah yayasan tahun 2000 dan jadi PNS 2005. pertanyaan saya :
    1. Apakah saya bisa ikut sertifikasi jalur pendidikan TIK.
    2. Apakah saya sudah layak untuk disertifikasi
    3. jika Bapak punya alamat online untuk mendaftar sertifikasi jalur pendidikan mohon dikirim ke Email saya . Makasih pak atas infomasinya.

    • masedlolur

      Yth Suhandi Yusuf, inilah beberapa syarat dari buku pedoman:

      Peserta dan Rekrutmen
      1. Sertifikasi melalui jalur pendidikan diorientasikan bagi guru yunior yang berprestasi
      2. Peserta diusulkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota
      3. Seleksi peserta terdiri atas seleksi administratif dan seleksi akademik. Seleksi administratif dilakukan oleh dinas pendidikan Kabupaten/Kota sedangkan seleksi akademik dilakukan oleh LPTK difasilitasi oleh Ditjen Dikti.

  19. rey

    Salam kenal pak guru,
    saya mau tanya, dengar-dengar guru swasta yang sudah sertifikasi akan diberi kado berupa pengangkatan PNS. betul begitu pak..?
    terima kasih

  20. ali

    pa mau taya sertifikasi guru depag kabupaten sumedang untuk tingkat tingkat RA pelaksanaan nya kapan?

  21. misbahuddin

    saya adalah guru honorer di 2 tempat,di MI dan SDI. skrg ini mengajukan sertifikasi di MI. pertanyaan 1. apaakah jml jam bisa di gabung gitu atau di salah disalah satunya saja./2.apakah hrs guru kelas atau guru MP gru piket bisa masuk disitu atau ga. trmksh

    • masedlolur

      Yth Misbahudin, untuk SD/MI guru kelas. Beban kerja guru kelas adalah mengampu paling sedikit 1 (satu) rombel dalam 1 (satu) minggu secara penuh pada satu satuan pendidikan dasar, terimakasih.

  22. Andi Fauzi

    Ass. Saya mw tanya tentang peserta sertifikasi guru lingkungan DEPAG jakrta Utara. saya sudah lihat data base peserta sertifikasi guru dalam jabatan, dan nama saya tercantum dari tahun kemarin. namun belum ada panggilan ?…. sedangkan guru yang baru masukin berkas pendaftaran saja mereka sudah diperkenankan ikut sertifikasi, bagaimana ya solusinya agar saya bisa ikut sertifikasi tahun ini ?

    • masedlolur

      Yth Andi Fauzi, yang penting Anda memahami pedoman penetapan calon peserta sertifikasi, sehingga tahu betul bahwa kepesertaan mereka yang mendahului Anda itu memang sesuai aturan, yang sebagian kecil saya nukilkan di bawah ini, terimakasih.

      Penjelasan kriteria urutan prioritas penetapan peserta sebagai berikut.
      a. Masa kerja sebagai guru
      Masa kerja dihitung sejak yang bersangkutan bekerja sebagai guru baik sebagai PNS maupun bukan PNS.
      Contoh perhitungan masa kerja:
      Contoh 1
      Guru “G” adalah seorang guru PNS yang memiliki masa kerja selama 10 tahun 5 bulan, namun guru “G” tersebut sebelum
      diangkat PNS telah mengajar sebagai tenaga honorer di sebuah SD selama 5 tahun 2 bulan. Masa kerja guru “G”
      dihitung kumulatif semenjak yang bersangkutan bertugas sebagai guru yaitu 15 tahun 7 bulan.
      Contoh 2
      Guru “R” adalah guru bukan PNS yang sudah bekerja di beberapa SMP swasta sejak bulan Januari 1990 sehingga jika
      dihitung secara kumulatif masa kerja guru “R” sampai bulan Juni 2010 adalah 18 tahun 6 bulan. Namun, guru “R”
      tersebut pada tahun 2005‐2010 tidak mengajar selama 24 bulan karena alasan keluarga. Masa kerja guru “R”
      sesungguhnya adalah 16 tahun 6 bulan setelah dikurangi 24 bulan tidak mengajar. Bagi guru bukan PNS harus ada bukti
      fisik bahwa yang bersangkutan mengajar pada sekolah tersebut.
      b. Usia
      Usia dihitung berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yang tercantum dalam akta kelahiran atau bukti lain yang sah.
      c. Pangkat/Golongan
      Pangkat/golongan adalah pangkat/golongan terakhir yang dimiliki guru saat dicalonkan sebagai peserta sertifikasi guru.
      Kriteria ini khusus untuk guru PNS atau guru bukan PNS yang telah memiliki SK Inpassing.
      d. Beban kerja
      Beban kerja adalah jumlah jam mengajar tatap muka per minggu yang diemban oleh guru saat didaftarkan sebagai
      peserta sertifikasi guru.
      e. Tugas tambahan
      Tugas tambahan adalah jabatan atau tugas yang diemban oleh guru pada saat guru yang bersangkutan diusulkan
      sebagai calon peserta sertifikasi guru. Tugas tambahan yang dimaksud misalnya Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah,
      Ketua Program/Jurusan, Kepala Laboratorium, Kepala Bengkel, Kepala Unit Produksi Satuan Pendidikan, Kepala
      Perpustakaan Sekolah, atau Ketua Program Keahlian.
      f. Prestasi kerja
      Prestasi kerja adalah prestasi akademik dan atau non akademik yang pernah diraih guru atau pembimbingan yang
      dilakukan guru dan mendapatkan penghargaan baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, maupun
      internasional. Di samping itu, prestasi kerja termasuk kinerja guru dalam melaksanakan tugas sehari‐hari.

  23. januar

    Ass. saya mau nanya masalah penetapan peserta sertifkasi guru depag. Pada kuota 2008, nama saya sudah masuk dalam daftar yang harus melengkapi portofolio,namun karena salah teknis dari depag kab. kerinci jambi, maka kami yang berjumlah lebih dar 260 orang gagal menyusun portofolio, setelah dkonfirmasi ke kanwil depag dan bahkan ke Depag RI di Jakarta itu murni kesalahan depag kabupaten. Jalan keluarnya adalah untuk untuk kuota 2010 kami yang 260an itu akan diprioritaskan dari yang lain. Formulir pemutakhiran data sertifikasi 2010 kami isi kembali, tapi ternyata saya dan beberapa orang teman yang sudah ada namanya pada tahun 2008 sudah tidak ada lagi namanya pada tahun 2010 ini, sedangkan teman-teman yang lain yang masa kerjanya jauh di bawah kami terjaring semua. Jadi yang ingin saya tanyakan kenapa ini bisa terjadi? dan bagaimana solusinya

    • masedlolur

      Yth Januar, persoalan ini jelas harus Anda selesaikan bersama-sama teman-teman Anda ke kantor depag, jangan sendirian, supaya dijelaskan alasan mengapa Anda dan teman-teman tidak diprioritaskan, kalau semuanya sudah sesuai aturan, saya kira harus bisa diterima keputusannya, terimakasih

  24. ridwan

    Assalamualaikum wr. wb. semoga keselamatan menyertai kita semua. saya mohon informasi sertifikasi guru jalur pendidikan . terima kasih

    • masedlolur

      Yth Ridwan, inilah sedikit infonya, terimakasih.

      Peserta dan Rekrutmen
      1. Sertifikasi melalui jalur pendidikan diorientasikan bagi guru yunior yang berprestasi dan mengajar pada pendidikan dasar (SD dan SMP).
      2. Peserta diusulkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota
      3. Seleksi peserta terdiri atas seleksi administratif dan seleksi akademik. Seleksi administratif dilakukan oleh dinas pendidikan Kabupaten/Kota
      sedangkan seleksi akademik dilakukan oleh LPTK difasilitasi oleh Ditjen Dikti.

      Persyaratan peserta sertifikasi melalui jalur pendidikan adalah sebagai berikut.
      1. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi.
      2. Mengajar di sekolah umum di bawah binaan Departemen Pendidikan Nasional.
      3. Guru PNS yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah atau guru yang diperbantukan pada satuan
      pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
      4. Guru bukan PNS, yaitu guru tetap yayasan (GTY) atau guru yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.
      5. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
      6. Guru SD yang meliputi guru kelas dan guru Pendidikan Jasmani. Guru kelas diutamakan yang memiliki latar belakang pendidikan S1 PGSD atau
      S1 kependidikan lainnya, sedangkan guru Pendidikan Jasmani diutamakan yang memiliki latar belakang S1 keolahragaan.
      7. Guru SMP (bidang studi PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Kesenian, Pendidikan Jasmani, dan guru bimbingan
      konseling) diutamakan yang mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
      8. Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun dengan usia maksimal 40 tahun pada saat mendaftar.
      9. Memiliki prestasi akademik/non akademik dan karya pengembangan profesi di tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun organisasi/lembaga.
      10. Bersedia mengikuti pendidikan selama 2 semester dan meninggalkan tugas mengajar.
      11. Disetujui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dengan pertimbangan proses pembelajaran di sekolah tidak terganggu.

  25. fatchuroji

    tolong dimana nyari data base peserta SERTIFIKASI GURU AGAMA SMP

    • masedlolur

      Yth Fatchuroji, sementara ini yang saya tahu untuk 2010 baru ada di kantor depag/kemenag setempat, terimakasih

  26. emi

    Ass.Pak saya S1 waktu tahun 2007 keluar nomor sertifikasi saya dari diknas tapi karena saya S1 Agama fortofolio saya ditarik ke depag sementara saya mengajar guru kelas saya baru tahu walaupun kita S1 PAI dan SK saya guru kelas saya mengajar di SD dilingkungan diknas disertifikasi kemendiknas bukan kedepag saya sdh mengajar selama 12 tahun yang ingin saya tanyakan apakah nomor sertifikasi saya yang dulu bisa diajukan kembali kemendiknas sampai sekarang saya belum disertifikasi
    demikian saya ucapkan terimakasih mohon jawabannya pak.

  27. bonor tambun

    saya telah 20 tahun mengabdi di smk n 1 balige tetapi sampai sekarang belum ada pemanggilan sertipikasi guru

  28. assalamu’alaikum pak hapunten mau tanya, saya atas nama sodrul cholis saya seorang honorer di instansi pendididikan smp negri 3 jiput pandeglang banten, kalau gak salah dua bulan kedepan kemaren saya mengajukan NUPTK tapi sampe sekarang belum keluar juga terus kapan keluarnya NUPTK saya, saya udah bekerja dua tahun lalu di struktural staf tata usaha ( TU )

  29. assalamu’alaikum pak punten mau tanya lagi, pak kapan honorer di angkat pns ? pns juga klo tdak ada tenaga honorer pasti kewalahan tolong di prioritaskan honorer juga tau kredibilitas terima kasih

    • masedlolur

      wa’alaikumsalam wr wb
      Yth Sodrul Cholis AMdcom, semua tergantung pada keputusan pemerintah, terimakasih

  30. ass, wr.wb saya sudah bekeja selama 22 tahun di MIN di kab. Toba Samisir namun sampai sekarang saya masih belum di sertifikasi padahal saya sudah menyelesaikan S1 SPdSD melalui UT, Saya angkatan daqri Dinas yang diperbantukan di Depag seandainya saya mau sertifikasi kemanakah saya akan mengajukan sertifikasi di depag atau di dinas ? terima kasih tolong jawabannya Pak.

  31. Pica Marga

    saya punya masalah dan letak permasalahnya saya kurang tahu.
    begini pak,. saya adalah guru agama buddha non-pns, lulus sertifikasi oktober 2008 di wiliyah NTB. dan telah menerima SK pembayaran dari Dirjen.
    tetapi sebelum saya menikmati tunjangan sertifikasi, saya pindah mengajar ke Prov. Bali dengan prosedur surat pindah dari sekolah asal yg sudah ditembuskan ke kemenag Prov. NTB. dan ditmpat baru Prov. Bali atas dasar surat pindah itu lantah di buatkan SK GTT dr Kemenag tempat yg baru.
    skitar bulan Juli 2009 (jk tdk salah) dana sertifikasi untuk pertama kalinya cair.
    tp punya saya tidak bisa dicairkan dengan alasan sudah pindah mengajar lain Provinsi.
    okelah untuk Tahun 2009 dana sertifikasi saya ikhlaskan 18 jt dikembalikan ke kas negara.
    tp sekarang ini, saya heran. setelaah ngurus sana-sini agar tahun 2010 ini bisa dicairkan di bali, eee…ternyata dana tunjangan sertifikasi saya tidak masuk dalam DIPA Kemenag Provinsi Bali atau Kemenag kabupaten.
    mohon penjelasan letak kekurangan saya, sebab dari pihak Kenenag sendiri disuruh sabar.,
    terima kasih atas solusinya.

    • masedlolur

      Yth Pica Marga, saya jelas tidak kompeten di masalah anda ini, tetapi jawaban/alasan dari atasan anda bisa dijadikan dasar untuk melangkah, terimakasih

  32. umaya

    Saya mau tanya kuota guru sertifikasi tahun 2010 untuk PAI kapan keluar

  33. Rini

    Apakah benar bulan oktober 2010 ada lagi kuota untuk sertifikasi lingkungan kabupaten?Bagaimana untuk memenuhi persyaratannya,untuk yang sudah 23 tahun mengajar?

  34. asary

    tolong kirimkan daftar guru agama dilingkungan dinas yang masuk kuota sertifikasi bulan juni 2010 ini. terima kasih jawabannya.

  35. asary

    dengan adanya sertifikasi guru negeri maupun swasta akan terangkat derajat dan martabat mereka,serta dapat duduk sama rendah berdiri sama tinggi dengan pegawai yang lainnya.

  36. imam es

    mohon diberitakan apa-apa saja yang menyebabkan guru profesional tidak match nuptk.

  37. lita desi

    saya adalah guru bersertifikasi dari smp swasta di tangerang Banten, mengajar IPS. Lulus sertifikasi desember 2008. kemudian bulan Juli 2009 saya pindah mengajar di SD Negeri di DKI. Bagaimanakah status sertifikasi saya, apakah dapat dipindahkan antar propinsi? dengan kondisi sekarang saya mengajar di SD bukan di SMP lagi. Ataukah sertifikasi saya dibatalkan? Mohon petunjuk. terima kasih

    • masedlolur

      Untuk pertimbangan coba konsultasikan dengan atasan anda, hal yang tertera di petunjuk ini, terimakasih.
      PEDOMAN PELAKSANAAN PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI MELALUI DANA DEKONSENTRASI
      DIREKTORAT PROFESI PENDIDIK DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
      KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL 2010

      E. PENGHENTIAN DAN PEMBATALAN
      Pemberian tunjangan profesi dihentikan apabila guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas penerima tunjangan profesi memenuhi
      salah satu atau beberapa keadaan sebagai berikut:
      1. meninggal dunia;
      2. mencapai batas usia pensiun (guru PNS dan bukan PNS dengan batas pensiun 60 tahun);
      3. tidak bertugas lagi sebagai guru atau pengawas;
      4. tidak memenuhi kewajiban melaksanakan tugas 24 jam tatap muka per minggu,
      5. tidak mengampu mata pelajaran yang sesuai dengan sertifikat pendidik yang diperuntukannya,
      6. berakhirnya perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama antara guru dan penyelenggara satuan pendidikan;
      7. melanggar perjanjian kerja atau kesepakatan kerja sama; atau
      8. dengan alasan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas yang telah ditetapkan sebagai penerima tunjangan profesi dapat dibatalkan dan wajib
      mengembalikan tunjangan profesi yang telah diterima kepada negara apabila:
      1. Sertifikat pendidik yang bersangkutan dinyatakan tidak sah atau batal,
      2. Data yang diajukan sebagai persyaratan mendapat Tunjangan Profesi tidak sah.

  38. lita desi

    saya adalah guru bersertifikasi dari smp swasta di tangerang Banten, mengajar IPS. Lulus sertifikasi desember 2008. kemudian bulan Juli 2009 saya pindah mengajar di SD Negeri di DKI sebagai guru honor. Bagaimanakah status sertifikasi saya, apakah dapat dipindahkan antar propinsi? dengan kondisi sekarang saya mengajar di SD bukan di SMP lagi. Ataukah sertifikasi saya dibatalkan? Mohon petunjuk. terima kasih

    • masedlolur

      PEDOMAN PELAKSANAAN PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI MELALUI DANA DEKONSENTRASI
      DIREKTORAT PROFESI PENDIDIK DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
      KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL 2010

      E. PENGHENTIAN DAN PEMBATALAN
      Pemberian tunjangan profesi dihentikan apabila guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas penerima tunjangan profesi memenuhi
      salah satu atau beberapa keadaan sebagai berikut:
      1. meninggal dunia;
      2. mencapai batas usia pensiun (guru PNS dan bukan PNS dengan batas pensiun 60 tahun);
      3. tidak bertugas lagi sebagai guru atau pengawas;
      4. tidak memenuhi kewajiban melaksanakan tugas 24 jam tatap muka per minggu,
      5. tidak mengampu mata pelajaran yang sesuai dengan sertifikat pendidik yang diperuntukannya,
      6. berakhirnya perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama antara guru dan penyelenggara satuan pendidikan;
      7. melanggar perjanjian kerja atau kesepakatan kerja sama; atau
      8. dengan alasan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas yang telah ditetapkan sebagai penerima tunjangan profesi dapat dibatalkan dan wajib
      mengembalikan tunjangan profesi yang telah diterima kepada negara apabila:
      1. Sertifikat pendidik yang bersangkutan dinyatakan tidak sah atau batal,
      2. Data yang diajukan sebagai persyaratan mendapat Tunjangan Profesi tidak sah.

  39. asslmualaikum ww, pak gimana portofolio yang di diskualifikasi? apa yang menyebabkannya?

  40. ida

    Apakh status WB di MTSN (DEPAG) jika SK nya SK GT NON PNS bisa ikut sertifikasi

  41. ida

    Dari DEPAg dibuatkan SK dari kepala sekolah yaitu SK Guru TETAP NON PNS, apa boleh ikut pak SK guru tetap non pns ikut sertifikasi. wacananya tahun depan tidak ada sertifikasi portofolio tapi PPG apa benar

    • masedlolur

      Yang menentukan peserta siapa? Beliaulah yang harus anda datangi, dan selama wacana itu belum ada bukti Peraturan Pemerintah, tidak perlu dicemaskan, terimakasih

  42. Dini

    assalamu’alaikum…. saya mau tanya di situs apa saya bisa menemukan pengumuman kelulusan sertifikasi jalur portofolio kabupaten bandung Mei 2010 kemarin,,, katanya udah ada pengumumannya…

  43. assalamu’alaikum.
    tolong kasih tahu cara mengetahui hasil sergur depag unpas34 2010. karena sampai sekarang blum ada sedangkan dinas sudah diklat gelombang ke-2.
    makasih
    wassalam

  44. Tri Agus Praptono,S.Pd.

    Mohon informasi,pengumuman kelulusan sertifikasi guru jalur portopolio 2010 propinsi bali, Nama: Tri Agus Praptono,Spd. Guru SMP N 2 Rendang, Kab. Karangasem, Propinsi Bali, No. Peserta : 0247.

  45. Ahmad Kosasih

    Sy Ahmad Kosasih, S.Pd.I , Guru PAI di SMP N 1 Cimanggung Sumedang , Usia 50 tahun , Masa Kerja 24 tahun, tapi sampai sekarang belum juga ada panggilan sertifikasi, sedangkan di SMP 1 Rancakalong Sumedang ada yang sudah di Sertfikasi padahal baru 17 tahun masa kerja, sy nanya ke Mapenda Sumedang , jawabannya tepat BELU ADA , pertanyaan : kepada siapa saya harus mencari penerangan, sy nanya ke Bapak mudah-mudahan ada kejelasan

    • Yth Ahmad Kosasih, jawaban belum ada tidak cukup menyelesaikan masalah. Seharusnya ditanyakan, mengapa belum ada? Mana aturannya? Dan siapa yang membuat keputusan yang menetapkan peserta, sehingga anda tidak ada dalam daftar? Terimakasih.

  46. Qadhi Annushfy

    bpk yth, kpn pengumuman SK Inpassing Guru swasta keluar th 2010

  47. SIPONG, S.SOS

    BPK Yth,
    pada bulan juli 2010 sy sudah pindah dr Kab. Maros ke makassar, skrg bagaimana tunjangan sertifikasi saya? dr info yg sy peroleh, sy tidak dapat memperoleh tunjangan profesi lg bulan juli hingga desember alasannya dr daerah asal sy sudah pindah daerah, sedangkan daerah tujuan mengatakan bahwa dana sertifikasix sudah di daerah asal selama setahun penuh… bgmana solusinya?ap boleh sy menggunakan keterangan dr sekolah tujuan jam mengajar sy dr bulan juli hingga desember ke sekolah asal agar memperoleh tunjangan juli hingga desember lagi dr daerah asal…………….

    • masedlolur

      Yth Sipong, SSos, aturan bisa dibijaki asal pendekatan kita benar, dan ada kontribusi kepada para pihak yang terkait, untuk itu merapatlah ke kedua atasan anda dan para pemegang kekuasaan di bidang pencairan dana itu, terimakasih.

  48. Tri Agus Praptono,S.Pd.

    Bagaimana cara mencari pengumuman kelulusan sertifikasi guru 2010 propinsi Bali, Kab. Karangasem?

  49. fadhlirrahman

    salam kenal pak …. saya dari kota padang pak
    begini pak, saya mau nanya?
    data ibu saya keluar dari DEPAG tapi ketikan namanya salah ketik sama orang DEPAG..
    jadi waktu mau menyerahkan fortofolionya di tolak oleh tim dari karna namanya salah gimana solusinya tu pak…?

    • masedlolur

      kalau hanya data nama, salah ketik huruf mesti bisa diselesaikan dengan atasan langsung, dan keterangan atasan ini yang diajukan, terimakasih

  50. kang abdimah guru honor depag/ swasta khusus untuk pgm kabupaten bandung tea iraaha mau ada gebrakan, sekarang sudah jelas2 wilayah kabupaten bandung sudah menjadi dua dengan kab.bandung babrat. bandung indukna kamana, mohon arahan yang bijak dari pgm wilayah/ pusat. nuhun

  51. soalna pgm kab.bandung sangat ketinggalan pisan ku pgm2 lainna , karunya anggotana jadi bingung untuk mengadu.

  52. RIZKI KARYANUGRAHA, S.Pd

    Salam kenal pk…., dari saya Rizki dari kabupaten serang…
    kalau cari informasi mengenai kelulusan mengenai seleksi pengangkatan cpns dimana yah…???
    dan, tolong harus ” JURDIL ” dalam menyeleksi……..

  53. sri rahayu

    as slam. saya mau tanya pak. saya guru swasta di lampung timur dapat sertifikasi tahun 2008. Tapi tahun depan saya mau pindah ikut suami dinas ke Jakarta, apakah sertifikasi saya masih bisa dapat dan diurus kepindahannya? terima kasih

  54. imey

    Assalamualaikum… Pak, saya mau nanya tentang teman saya yang sdh ikut sertifikasi thn 2010,dia mengajar di MI dan MTs,berangkat sertifikasi dari MTs tp NUPTK nya dari MI. apakah hal itu bisa menghambat dalam pencairan tunjangan sertifikasi atau tidak? terima kasih.

  55. Nasrul

    Saya mengetahui ajuan dari Reni Fitri Nuraeni karena kebetulan adik saya dia bekerja jadi guru mulai tahun 1998 sudah s.1 tetapi belum terpanggil sampai ekarang padahal di longlist itu mulai 2007 udah masuk, dan tiap tahun terus mendaftar di longlist dari pemetaan pra sertifikasi 2009 juga masih muncul. bagaimana ini tidak dapat terpanggil untuk penyusunan portofolio. apa ada kesalahan atau gimana

  56. BARLIAN

    kapan ya diumumkan kelulusan plpg kouta 2010 ?

  57. andriani amalia pribadi

    tolong bagaimana mengnai pencairan untuk S2 lepas yang ada pada databess

  58. pak saya mau nanya..Apakah guru honorer negeri yang sudah bertahun-tahun mengajar bisa ikut sertifikasi ?? dan adakah aturannya untuk guru honorer negeri ?makasih..

    • masedlolur

      selama tak diubah, aturannya untuk sekolah negeri adalah guru PNS, untuk sekolah swasta adalah guru tetap, terimakasih

  59. keifel arzakiy

    assalamu’alaikum, pak saya susgianto, S.Pd guru smp muhammadiyah 2 way jepara lampung timur mau nanya tentang sk inpassing yang belum terbit, soalnya punya teman seangkatan saya udah terbit per bulan agustus 2010, kapan punya saya akan terbit ya…terimakasih.

  60. anggraeni

    Maaf bapak, saya anggraeni mau tanya.
    Bener gak pak, kalau katanya ada sertifikasi untuk guru dalam masa jabatan 25 tahun ?
    Kalau boleh, saya minta syarat2 nya, boleh?
    terima kasih banyak pak.
    balas

  61. Tolong beritahu format lampiran-lampiran yang harus dibuat untuk syarat inpassing pak…soalnya saya mo download ga bisa trus. Mhon kirim format 1 s/d format 4 kalo g salah dnger infonya.Klo bisa lewat email juga g apa2 pak. Makasih pak…!

  62. bisakah seorang guru mengikuti program inpassing padahal dia belum disertifikasi

    • masedlolur

      BAB II
      MEKANISME PELAKSANAAN INPASSING BAGI GURU BUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL
      A. Persyaratan
      Penetapan jabatan fungsional Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dan angka kreditnya, bukan sebatas untuk memberikan tunjangan profesi bagi mereka, namun lebih jauh adalah untuk menetapkan kesetaraan jabatan, pangkat/golongan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku sekailgus demi tertib administrasi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil. Atas dasar itu, Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil yang dapat ditetapkan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya adalah:
      1. Guru tetap yang mengajar pada satuan pendidikan, TK/TKLB/RA/BA atau yang sederajat; SD/SDLB/MI atau yang sederajat; SMP/SMPLB/MTs atau yang sederajat; dan SMA/SMK/SMALB/MA/MAK atau yang sederajat, yang telah memiliki izin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Dinas Pendidikan Provinsi setempat.
      Guru dimaksud adalah guru yang diangkat oleh pemerintah, pemerintah daerah dan yayasan/masyarakat penyelenggara pendidikan.
      2. Kualifikasi akademik minimal S-1/D-IV
      3. Masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun berturut-turut pada satmingkal yang sama. Pedoman Penetapan Jabatan Fungsional Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dan Angka Kreditnya 8
      4. Usia setinggi-tingginya 59 tahun pada saat diusulkan.
      5. Telah memiliki NUPTK yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
      6. Melampirkan syarat-syarat administratif :
      a. Salinan/fotokopi sah surat keputusan tentang pengangkatan atau penugasan sebagai guru tetap yang ditandatangani oleh yayasan/penyelenggara satuan
      pendidikan yang mempunyai izin operasional tempat satuan administrasi pangkal (satmingkal) guru yang bersangkutan.
      b. Salinan atau fotokopi ijazah terakhir yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku (Perguruan Tinggi/Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang menerbitkan ijasah dimaksud).
      c. Surat keterangan asli dari kepala sekolah/madrasah bahwa yang bersangkutan melakukan kegiatan proses pembelajaran/pembimbingan pada satmingkal guru yang bersangkutan.

  63. kalau boleh tahu sk sertifikasi itu berlaku sampai usia berapa tahun untuk guru yang bukan pns trims

    • masedlolur

      Tunjangan Profesi
      Pasal 15
      (1) Tunjangan profesi diberikan kepada Guru yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
      a. memiliki satu atau lebih Sertifikat Pendidik yang telah diberi satu nomor registrasi Guru oleh Departemen;
      b. memenuhi beban kerja sebagai Guru;
      c. mengajar sebagai Guru mata pelajaran dan/atau Guru kelas pada satuan pendidikan yang sesuai dengan peruntukan Sertifikat Pendidik yang
      dimilikinya;
      d. terdaftar pada Departemen sebagai Guru Tetap;
      e. berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun; dan
      f. tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain satuan pendidikan tempat bertugas.
      [PP 74/2008]

  64. ira

    ass. pak.sy guru tik mam dr tahun 2008, tapi sy s1 ekonomi.apakah sy bisa ikut sertifikasi? mam sy kecil.

  65. ass. pa mhon penjelasan, apakah data yg hilang bs dimunculkan ,trus bs diproses kembali? pd th 2010 sy sudah masuk daftar tunggu sergur tp ko datanya hilang bgimana yah supaya bs ditindaklanjuti kembali,,

  66. wawek

    untuk mengetahui nomor registrasi guru alamat web nya apa?

  67. dmn kita bisa dapat info sk dirjen sertifikasi guru 2010 untuk kab. maros prov. sul-sel?

Berikan Balasan

