Guru dan Calon Guru vs Sejatinya Tunjangan Sejuta Sebulan Adalah Bagian Dari Peningkatan Kinerja Dan Kesejahteraan Guru Kinerja Provinsi Jawa Timur

Biasa, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, secara maraton Bidang Tendik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur baru-baru ini menghadirkan tak kurang dari 1500 orang guru non PNS, mulai Selasa 10 Februari 2009 dan diselesaikan Jum’at 13 Februari 2009. Mereka, terdiri dari guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK negeri dan swasta diundang untuk menandatangani SPJ pencairan insentif tahun 2009.

Guru non PNS yang ini beda. Mulai tahun 2003 dinamai Guru Bantu Sementara, sehingga sebagian berhasil menjadi PNS lewat jalur PP 48/2005, karena terinclude ke dalam data base bersama-sama Guru Bantu yang diangkat oleh Pemerintah Pusat.

Guru non PNS yang ini juga memiliki kekhususan, yaitu semua berusia 40 tahun ke atas. Dan akhirnya tidak digunakan lagi sebutan Guru Bantu Sementara, tetapi digantikan dengan nama yang dianggap pas, Guru Kinerja sejak tahun lalu!

Guru non PNS yang ini tidak digaji oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tetapi dilewatkan rekening masing-masing menerima insentif setiap bulan. Mula-mula di bawah limaratus ribu rupiah terus bergerak naik menjadi 710 ribu rupiah, dan sampailah di awal tahun 2009 ini mencapai nilai sejuta rupiah setiap bulan.

Nilai sejuta itu sejatinya sebagai tunjangan kinerja dan kesejahteraan, dengan harapan bisa meningkatkan kualitas keprofesian Guru Kinerja dimaksud.

Demikianlah, sebuah solusi cerdas dari jajaran pimpinan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diluncurkan sejak tahun 2003. Guru-guru non PNS yang sudah kehilangan peluang sulih status menjadi PNS, diperhatikan nasibnya.

Bagaimana dengan Provinsi Anda?

About these ads

8 Komentar

Filed under artikel, BERITA, catatanku, CPNS, GURU, guru dan calon guru, guru swasta, hari guru, INFO, informasi, kebijakan pemerintah, leadership kasek, motivasi, opini, pembelajaran, pemilu 2009, PENDIDIKAN, ponorogo, SERTIFIKASI, yayasan

8 responses to “Guru dan Calon Guru vs Sejatinya Tunjangan Sejuta Sebulan Adalah Bagian Dari Peningkatan Kinerja Dan Kesejahteraan Guru Kinerja Provinsi Jawa Timur

  1. Syukurlah, memang sepatutnyalah Pemerintah Daerah memikirkan nasib guru kinerja (dulu: guru bantu)e… aku baru tahu lo kalau guru bantu disebut guru kinerja, keren juga tuh sebutannya.. eh… eh… eh.. :lol:
    Dengan dinaikkannya tunjangan guru kinerja kita pun berharap dpt memacu motivasi guru tersebut dalam menjalankan tugas.
    ==========
    masedlolur:
    terimakasih semoga demikian pula kenyataan yang akan dialami Guru Kinerja Prov. Jatim
    amin 3x

  2. sonny lee s

    yang dapat bersyukur..
    yang belum…nasibnya bagaimana?
    tahun depan? kelihatanya sama saja…contoh real..untuk mengurusi NUPTK saya harus memberi upeti kepada pejabat yang bertugas mengentry data…kalau tidak ya di letakkan di tempat yang dengan kemungkinan besar dapat hilang…sudah begitu yang bersangkutan baru masuk kerja jam 10.30…niat kerja ndak?
    saya ini hanya guru honorer di sekolah swasta..
    kapan nasib orang2 seperti kami diperhatikan?
    ===========
    masedlolur:
    kasus Anda inilah yang mestinya menjadi salah satu agenda perjuangan organisasi guru swasta
    mengapa mereka diam saja? antara lain karena mereka lagi sibuk ngurusi bagaimana bisa PNS kan?
    jadi, nasib guru swasta berubah kalau mereka sendiri yang mengubahnya, tetapi jangan mesti lewat PNS!

  3. darwis

    Mohon disosialisasikan secepatnya kepada seluruh guru non PNS, karena banyak guru Madrasah yang mengabdi selama puluhan tahun tidak diangkat PNS sampai umur > 40 tahun. Atau kalau tidak bisa buat program baru misalnya gaji guru sama dengan gaji Upah Minimum Regional (UMR)
    Terimakasih.
    Hubungi kami 0335 424 552

  4. agus

    Pemerintah daerah kami (Jabar) kurang kepedulian terhadap guru honorer. Titik.

    • masedlolur

      Begitulah para petinggi, beda wilayah beda kebijakannya
      Tapi semua akan menjadi kenyataan jika diperjuangkan
      Terimakasih kunjungan Anda, Agus

  5. ya… ya… semua pingin jadi pns dulu gaji pns tak cukup untuk makan anak dan istri. setelah pns gajinya lumayan … semuanya rame2 nuntut jadi pns. ya… semoga berhasil….. amin.

  6. murti

    Dise3but tunjahgan, tapi dari sekolah tidak dapat,HR jam mengajar, sejuta dari Provinsi itu sdh dianggap gaji. jadi sejuta itu bukan tambahan kesejahteraan tapi gaji jam mengajar., walaupun jumlah jam mengajar 6 hari penuh. harapan kami, pemerintah memberi kebijakan untuk meprioritaskan pada guru kinerja dan GTT yang masa pengabdian sangat lama dan usia kritis untuk diberi kesempatan jadi PN. trima kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s