Guru dan Calon Guru vs INPASSING GURU SWASTA atawa GURU BUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL GITU LOH!

Tahun 2007 yang lalu saya lulus sertifikasi guru dalam jabatan melalui penilaian dokumen portofolio. Setelah menempuh beberapa prosedur, sampailah akhirnya ke babak-babak menentukan  menjalani proses inpassing. Karena saya guru diknas, maka proses inpassing ditangani Dinas pendidikan Ponorogo.

 

Tetapi, pada pokoknya satu bundel berkas pengajuan inpassing berisi:

  1. fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisasi oleh PT yang mengeluarkan
  2. fotokopi akta mengajar IV yang dilegalisir oleh PT yang mengeluarkan
  3. fotokopi SK pengangkatan sebagai guru tetap yang dilegalisasi ketua yayasan
  4. SK pembagian tugas mengajar sem genap  dan sem gasal tahun ajaran terakhir

  5. Surat Keterangan penugasan mulai awal mengajar s.d terakhir dari yayasan
  6. Surat keterangan mengajar minimal 24 jam dari kepala sekolah dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan
  7. fotokopi sertifikat pendidik dilegalisasi oleh PT yang mengeluarkan
  8. fotokopi NUPTK dilegalisasi oleh kepala sekolah

Yang sering jadi tanda tanya adalah:bagaimana guru-guru yang belum sertifikasi? Mereka juga wajib di-inpassing, asal sudah ber NUPTK, perkara poin 7 bisa disusulkan. Tetapi saat ini yang dilayani untuk diterbitkan SK Inpassingnya adalah bagi guru-guru yang telah lulus sertifikasi, sedang yang belum lulus sertifikasi, mungkin menunggu lama.

About these ads

81 Komentar

Filed under artikel, BERITA, catatanku, CPNS, GURU, guru swasta, hari guru, INFO, informasi, inpassing, kebijakan pemerintah, leadership kasek, motivasi, opini, pembelajaran, PENDIDIKAN, SERTIFIKASI, yayasan

81 responses to “Guru dan Calon Guru vs INPASSING GURU SWASTA atawa GURU BUKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL GITU LOH!

  1. prayit

    nggih mbah
    matur sembah nuwun infonya
    kulo siapaken milai sapuniko

  2. ni hao

    bagaimana to ya sudah hampir 1 thn kok tunjangan guru sertifikasi untuk guru swasta blm juga cair pdhl segala sesuatu persyaratan seertifikasi guru sama kan aneh maksudte kepriye jal

  3. ni hao

    seharusnya pemerintah harusnya obyektif dalam hal pencairan tunjangan profesi guru lulus sertifikasi,guru swasta jangan dianak tirikan dalam hal ini, mereka adalah sama bertumpah darah indonesia,mereka juga membayar PAJAK yang digunakan negara untuk membayar GAJI dll.tetapi kenapa giliran hak tunjangan profesinya kok terasa dihambat,seberapa lama sih melakukan IMPASSING? kan semua sudah ONLINE

  4. Didik PW

    Proses lika-liku pengurusan impassing guru swasta hingga menerima tunjangan ada baiknya juga diceritakan. Apakah yang lulus impassing sudah menerima tunjangan guru profesional?
    ==========================================================
    bung didik pw
    impassing guru swasta, guru non pns di sekolah swasta
    benar-benar tidak dihiraukan oleh pemerintah

    Permendiknas 47/2007 yang mengatur itu semua
    susah payah saya mencarinya, karena tidak diposting ke depdiknas.go.id

    kalau aturannya saja kikir informasi, apalagi tunjangannya, samasekali belum ada

    saya dan teman-teman senasib cuma bisa sabar
    habis hanya sabar ini kekuatan kami

  5. isti

    Inpassing guru swasta memang harusnya diumumkan sehingga gty yang bersangkutan berhak dapat terima tunjangan tidak… karena kasus yg sy alami 12 jam mapel harus sama dg sertifikat di sekolah induk minimal 12 jam , sementara SMP hy 3 rombel maka jam mengajar sy 6 jam pkn, 6 jam bhs ind …ternyata tjgan blm cair…padahal sy jg 18 jam pkn di smk…Teman yg bernasib sama sabar saja mgkn memang belum rejeki kita…
    ===============
    masedlolur:
    terimakasih, Isti (bu guru?/pak guru?) atas simpati dan empati Anda
    kami yakin, setiap problem mesti ada solusi-nya, dan sementara ini kami terus sabar
    thanks juga atas kunjungannya

  6. heni

    trus gimana dong yang belum ikut sertifikasi, dapat jatah impassing gak ya……….
    ==========
    masedlolur:
    terimakasih kunjungannya, mBak Heni
    semua guru bukan pegawai negeri sipil mesti di-inpassing
    coba lihat dan cermati Permendiknas 47/2007

  7. uchin

    semua guru swasta bisa diinpas asal memenuhi syarat secara administratif, yaitu :
    1. harus ada SK pengangkatan GTY dari yayasan
    2. mempunyai NUPTK
    3. pendidikan minimal S1
    4. masa kerja minimal 2 tahun
    5. pembagian tugas mengajar dr kepsek
    syarat tersebut dikirim ke Dirjen PMPTK Depdiknas lt.14 melalui dinas pendidikan setempat. yg lolos administrasi akan dibuatkan SK inpassingnya di Biro Kepegawaian Depdiknas.
    Dicoba ya teman2 guru swasta, mudah2an berhasil.

  8. @yie'

    Mengenai inpassing aq sneng bgt.. tp aq masih baru ngajar (2 semester ini) inginnya sih juga dapet inpassing… moga inpassing ini ada terus ya… jadi aq kalo aq udah 2 tahun bisa ngajuin inpassing… bgmn… apa stiap pengajuan yang memenuhi syarat pasti dapat inpassing???

    • masedlolur

      ayie’, yang sabar ya, soalnya mereka guru belasan tahun mengajar ada yang sudah mengajukan inpassing dua tahun lalu sampe sekarang belum dapet tuh
      salam dan terimakasih kunjungannya

  9. choniatun affarsi

    Seperti menunggu SETETES air di padang tandus….
    “guru tanpa tanda jasa”???? yang benar aja … jangan sampai oknum yang menjabat di DISDIK..yang katanya peringkat ke-2(Terkorup) setelah Depag, semakin membuncit kekenyangan… sementara kita para pekerja rodi( non PNS/ HONORER), dituntut untuk tetap BERSABAR !!??
    Kapan realisasi Program Inpassing, kayaknya hanya sekedar untuk MENINA BOBOKAN kami para honorer, YTH.Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka… BUAT GEBRAKAN!!! KAMI PARA HONORER HARUS DIPERHATIKAN !!! jangan TERLALU sibuk dengan urusan Kenyaman Pribadi atau golongan ( setidaknya tolong INGATKAN BELIAU,YTH. BAPAK WAKIL BUPATI, KARENA BELIAU BERAWAL DARI SEORANG GURU… KAMI BUTUH KARYA NYATA DARI JANJI2 KALIAN…
    SEGERA RELISASIKAN PENGANGKATAN CPNS BERDASARKAN DATA BASE 2005, DAN PERHATIKAN NASIB GURU HONORER SWASTA, BERIKAN HAK KAMI YANG SAMA DENGAN PARA HONORER DI SEKOLAH NEGERI.JANGANLAH SIBUK-SIBUK MEMBUKA PENDAFTARAN CPNS, TOH AKHIRNYA YANG LULUS HANYA MEREKA YANG SUDAH “BOKING TEMPAT”, PEREKRUTAN CPNS HARUS DI AMBIL DARI DATA GURU HONORER yang memang sudah terbukti pengabdiannya… masa kerja minimal 5 tahun ke atas.
    Semoga YTH.BAPAK Kepala DINAS PENDIDIKAN,
    YTH.BAPAK BUPATI, DAN
    YTH.BAPAK WAKIL BUPATI…. LEBIH PEDULI AKAN NASIB KAMI TENAGA HONORER SWASTA/NEGERI SAMA SAJA.

  10. ghifari

    info yang simpang siur tentang inpasing, masih belum disampaikan secara transparan oleh sekolah, walaupun saya sudah memenuhi persyaratan yang dicantumkan tetapi kepsek tidak menyertakan saya juga beberapa rekan guru yang lain ke depdiknas, adakah organisasi perlindungan bagi kami untuk guru honorer di ekolah swasta yang masih sering dijadikan objek kebijakan????

    • masedlolur

      kalau kami guru swasta atau guru bukan pns di sekolah swasta, di Ponorogo punya Forum Guru Swasta yang siap mengadvokasi dan mendampingi kasus-kasus seperti Anda alami ini
      Maaf, domisili Ghifari di mana?
      Terimakasih kunjungannya

  11. maryam

    tlg beri penjelasan tentang inpassing yg lebih mendetail,makasih

  12. katanya skarang sudah ada inpassing bagi honorer yang blum sertifikasi mas, betul gak,, kirim jawabannya ke email juga ya. di wawasan_kiata@yahoo.co.id

  13. hendrawan

    untuk pengajuan inpassing tersebut apakah ditujukan ke dinas pendidikan kabupaten atau ke propvinsi atau ke pusat

  14. yuliyati

    saya sedang proses inpassing di kota tangerang selatan tetapi sulit ekali dalam prosesnya selalu ada yang kurang atau salah dalam pengurutannya… hingga berkas dikembalikan. sebenarnya prosedur yang benar seperti apa inpassing itu…. apakah guru-guru swasta dipersulit dalam prosesnya.

  15. Titik

    Aku jadi bingung pak………….
    lha jika belum sertifikasi itu tidak boleh mengikuti inpassing?
    Trus gini lagi pak,ketika mengajukan inpassing itu belum PNS dan ketika sudah mengajukan masuk dalam perekrutan PNS itu bagaimana???????sedangkan data itu sudah masuk…….,kasih jawaban nggeh,makasih…….

    • masedlolur

      Bu Titik yth., nggak perlu bingung bu, inpassing itu kan untuk guru non pns, jadi kalo sudah pns bagaimana? PNS nggak butuh inpassing, bu.

      Tapi, yang boleh ikut tentu saja yang sudah lulus sertifikasi, karena SK Inpassing akan digunakan untuk menentukan besarnya tunjangan yang harus dibayarkan. Kan tunjangannya per bulan sebesar satu kali gaji PNS yang segolongan dengan SK Inpassing kita.

      Terimakasih semoga ngga bingung lagi.

  16. iwan kurniawan

    Kapan inpassing mulai diberlakukan?

  17. iya aku juga heran mbah…………. kanggo opo terusan berkasnya.
    wong tunjangan yang belum sertifikasi aja hanya bagi guru negri saja, yang swasta nglowo aja.
    ya seharusnya harus jelas, untuk siapa saja. biar ngak kasihan yang belum,jadinya ikut repot tapi belum jelas nasibnya.

  18. mas ofiek

    Aku juga pengin tuh ………

  19. hermanyosepsuprapto

    Ya begitulah nasib guru swasta ,kan bukan negeri jadinya ya ” ANAK TIRI “Kan sejak dahulu kala kalau swasta itu nomor buncit!Nomor satu ya PNS,jadi pelayanan,penghargaan ya diutamakan.Apalagi Nominal TPP tidak sama,belum lagi di sunat dan pencairannyapun dipersulit.Kapan pemerintah berbuat adil terhadap guru swasta.Sangat menimbulkan keirian dalam berbangsa dan bernegara.Tolong pemerintah berbuatlah adil tanpa membeda-bedakan PNS maupun non PNS.Semua punya hak sama,khususnya dalam penerimaan TPP.Mohon bapak-bapak yang ditugaskan untuk menjadi pelayan masyarakat berbuatlah sesuai hatinurani,kami jangan selalu dibedakan.Terima kasih.

  20. mubalihin

    kang temenaku sudah pada lulus sertifikasi tapi belum dapat sk dirjen gmn yc?

  21. Akhmad Syafruddin

    ass.wwb..buat teman2 yang senasib…saya pernah baca di sebuah surat kabar,pernyataan dari Pihak Mendiknas..bahwa tahun 2010 ada 600 Ribuan lebih usulan inpassing yang sudah masuk namun sampai akhir 2010 baru sekitar 10 Ribu sekian yang dapat diselesaikan..dan mereka pihak diknas akan menyelesaikannya di tahun 2011 ini..saya pribadi tidak tahu persis apa kendalanya….yang jelas saya sedikit lega karna masih ada harapan inpassing kita keluar 2011 …
    amin…semoga…

  22. berapa lam proses pengajuan impassing hingga turunnya sk inpassing ?

  23. pa kami pengen informasi mengenai inpassing guru-guru kami di madrasah ibtidaiyah kecamatan batu ceper kota tangerang ko belum juga ada. padahal 2010 bln juli kami sudah mengirim berkas ke pusat jalan senayan tolong di cek kami mohon bantuan nya

    • masedlolur

      langsung saja ke instansi terkait ya, betapapun beratnya tetapi karena menyangkut nasib masa depan, jangan surut selangkahpun meperjuangkannya, terimakasih

  24. oh iya maaf tadi nama sekolah kami tidak terketik nama seko lah kami madrasah ibtidaiyah al-barkah kecamatan batu ceper kota tangerang. gimana pa sudah turun belum sk inpassingnya. sudah lama sekali dari tahun 2010, kami sudah beberapa kali kekantor dinas pendidikan pusat jakarta tuk menanyakan sudah diterbitkan atau blm. sehingga kami bosan karena rugi diongkos dan waktu. tolong pa persyaratan kami kan sudah memenuhi syarat terbitkan ya pa sk inpassing nya

  25. mau tahu tentang sertifikasi guru dan daftar nama guru yang disertifikasi dan daftar tunggu guru yang akan disertifikasi, trim.

  26. Pak, di buku Pedoman Penetapan Inpassing hal 16 poin F.1, bunyinya sbb :
    “Penetapan Inpassing Jabatan Fungsional Guru Bukan
    Pegawai Negeri Sipil dan Angka Kreditnya mulai berlaku
    terhitung tanggal 1 Oktober 2007 sampai dengan 1 Oktober
    2010.”
    Maksudnya apa ya? Apa setelah 1 Okt 2010 ada peraturan inpassing baru atau bagaimana?
    Terimaksih.

  27. Noerseto

    Saya coba-coba mengisi blanko inpassing on line via internet di rumah, karena tiba-tiba netnya putus mengakibatkan isian blankonya belum tuntas, khususnya isian pada data nomor peserta, nomor sertifikasi, tanggal sertifikasi belum tersisi. Esoknya kubuka lagi dengan maksud melanjutkan kekurangan pengisian tersebut, tetapi apa lacur, data tersebut seakan sudah terkunci dan tidak bisa dilanjutkan lagi. Bagaimana solusinya agar data saya bisa terisi lengkap, apa pengaruh dengan data yang sudah dikirim ke Jakarta? Tolong, Cak!

  28. info persyaratan inspasing di download kok udah di delete minta dong untuk madrasah mts & ma trim pak infonya

  29. Agus Hermawan

    Apakah yang tidak mempunyai akta 4 bisa ikut program impassing……soalnya saya tidak bisa mengikuti program ini dikarenakan tidak memiliki akta 4 padahal saya sudah mengajar semenjak taun 2003…mohon solusinya,,,,

    • masedlolur

      bagaimana solusi dari atasan anda, itulah yang mesti diterima, terimakasih

      • Pak,saya juga punya masalah seperti diatas,sdh 13 tahun mengajar tapi tidak punya Akta IV,tapi blm bisa ikut Sertifikasi/Inpassing..tetapi ada teman saya tidak punya Akta IV sdh ikut sertifikasi,Sebenarnya bagaimana ini Pak?tks

  30. kalo program inpassing ini hanya mengutamakan guru yang sudah sertifikasi, itu artinya belum ada keadilan, bukan kah tujuan dari program ini untuk mensejahterakan nasib guru. mungkinkah guru yg sudah sertifikasi yang di maksud ??? terus, letak keadilannya di mana. ini hanya mensejahterakan guru2 tertentu yang justru dari sertifikasi pun sudah dapat. mohon cermati, letak sejahteranya ini di tujukan ke siapa. perlu di ketahui bahwa, kita disini sebagai pendidik yang sama-sama punya 1 visi yaitu mencerdaskan anak bangsa. seharusnya, apa yang kita dapatkan dari pemerintah juga sama. maaf… terima kasih

    • masedlolur

      Bu Izah Azizah, untuk lebih jelas tidak salah persepsi, coba buka link di bawah ini dan download materinya, terimakasih

  31. Livinus Prianidi

    Kami guru swasta SMP Gembala Baik, sudah lebih dari setahun yl. mengjukan inpassing sampai sekarang tidak ada kabar beritanya. ada diurus gak ya….. Buat Diknas Pusat

    • masedlolur

      selalu ada jasa demikian itu, terimakasih

    • Drs. Livinus Prianidi

      Bagaimana ya cara mengetahui, berkas inpassing kita diurus atau tidak.
      soalnya kawan yang seangkatan bahkan kawan yang mengikuti sertifikasi lebih kemudian dari saya sudah menerima SK Inpassing?

  32. euis agung sari

    saya sudah kirim berkas inpassing…yang saya tanyakan berapa lama proses itu…hingga dpt sk nya…

  33. Bendoro Raden Mas

    klo sk impasingnya terbit “sisa yg belum terbayar” tj sertifikasi sejak th 2007 s/d 2001 apa dirapel gak mbah…?khususnya GBPNS

  34. sriwahyuningsih

    as,saya guru swasta sudah lulus sertifikasi thn 2007,bln agustus kemaren baru ada pemberkasan buat impassing.kapan impasing itu ada,saya dari kota TANGERAN

  35. dwi setyaningsih

    bener gak waktu untuk inpassing diperpanjang,yang tadinya 31 agustus menjadi desember 2011?

  36. V . Siswoyo, S.Pd.Mat

    Kami rombongan guru SMA Swasta Xaverius, sudah mengusulkan SK inpassing sejak bulan Juni 2011. Tapi hingga kini belum ada khabar SK nya. Kapan ya terbitnya?

  37. Drs. Waspodo

    Kami dari SMA Kristen 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah sudah mengusulkan SK inpassing sejak bulan Oktober 2011. Hingga sekarang belum ada khabar SK-nya. Kapan ya keluar SK inpassing kami?

  38. Dra. Nurliana Silalahi

    kami guru sma/smk di bontang mulai dr 2009 sdh didata untuk inpassing. puluhan kali ngumpul berkas, tp hingga skrg belum ada khabar.

  39. Abpri

    Terimkasih info Inpassingnya …

  40. Blues

    Tahun 2012 Saya sudah mengajukan usulan berkas2 Inpassing hingga kini blum ada kabarnya. Bapak bisa bantu ga.

  41. saya butuh petunjuk pengurusan inpassing. saya guru agama dan diserfikasi lewat depak apakah inpassing diurus lewat depak atau dinas pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s